oleh

Walau Bencana Covid-19 Mendera, Orang Indonesia Paling Dermawan se-Dunia dan Pequrban pun Meningkat

Kota Depok, Rabu (24/6/2020)–Tak terhalang oleh bencana dan himpitan  perekonomian oleh bencana pandemi Covid-19. Orang Indonesia punya kemulian hati untuk saling membantu. Walau dalam keterbatasan perekonomian tidak menyebabkan menjadi pelit. Mareka semakin giat lakukan kegiatan donasi dan bersedekah.

Disebutkan  Presiden Human Initiative, Tomy Hendrajati, kedermawanan orang Indonesia diakui oleh kalangan Non-Governmental Organization (NGO) dunia.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

“Dipergaulan dunia, diakui orang Indonesia itu sangat dermawan, walau dalam situasi ekonomi sulit seperti masa pandemi Covid-19. Contohnya sudah banyak yaitu aksi sosial orang mampu membantu orang yang kesusahan efek pandemi ini. Hal termasuk juga tingginya tahun ini, orang berqurban pada Hariraya IdulAdha tahun ini,” ujar Tomy Hendrajati, kepada awak pers. 

Sebagai wujudkan semangat peduli di tengah pandemi Covid-19 ini  Human Initiative luncurkan program qurban penyaluran berskala internasional. Dan, hebatnya, di tahun 2020 ini, mencapai 20 ribu lebih pequrban Indonesia  melalui NGO Human Initiative ini.  

Disebutkan Ketua panitia Qurban Human Initiative, Azi Abdul Aziz, target pequrban tahun ini sebesar 24.149. 

“Diharapkan dapat membagi 289.788 kepala keluarga penerima manfaat di 34 Provinsi Indonesia dan 7 negara lain yakni Somalia, Kenya, Uganda, Kamerun, Myanmar, Suriah, dan Palestina. Kami akan berikhtiar sebisa mungkin mencapai target tersebut untuk masyarakat yang membutuhkan. Meningkatnya jumlah pequrban ini adalah muslim ingin lebih mendapatkan keberkahan karena bersedekah ketika di masa sulitlah maka keimanan diuji,” ujar Azis.

Berqurban di masa pandemi Covid-19, Human Initiative mengadaptasi pelaksanaan  berqurban. Untuk masyarakat yang tetap ingin berbagi melalui qurban, akan difasilitasi dengan harga yang terjangkau dan kemudahan transaksi melalui berbagai kanal termasuk digital. Sementara dari sisi keamanan dan kesehatan, pelaksanaan qurban akan menerapkan protokol kesehatan baik ketika memotong maupun saat mendistribusikan daging qurban. Dan penerima manfaat daging qurban akan diprioritaskan kepada wilayah terdampak bencana, khususnya terdampak Covid-19.

Ada sejumlah paket hewan qurban kambing dan sapi dengan perbandingan 1 kambing dan 1 sapi untuk pequrban dengan harga kiraan Rp1,5 juta hingga Rp4,5 juta. Perbedaan biaya ini adalah sesuai dengan harga hewan di wilayah qurban setempat yang berbeda-beda setiap lokasi baik di Indonesia ataupun di negara lain tujuan penerima qurban sebab, hewan qurbannya dibeli di tempat lokasi penerima. 

Guna memudahkan masyarakat menunaikan ibadah qurban mereka, Human Initiative juga menyiapkan berbagai kanal transaksi yang dapat dijangkau oleh masyarakat. Masyarakat juga bisa merasakan kemudahan transaksi qurban melalui sarana digital dengan mengunjungi website donasi qurban ‘solusipeduli.org/qurban’. Informasi detail tentang program Insya Allah Qurban juga bisa didapat dengan menghubungi call center 021-87780015, dan ‘human-initiative.org’.

Human Initiative adalah sebuah lembaga kemanusiaan yang telah berdiri sejak 1999 . NGO ini berfokus pada isu-isu kemanusiaan di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan tanggap darurat, baik di Tanah Air maupun luar negeri. Human Initiative sebelumnya bernama Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU). Perubahan nama dan logo merupakan langkah untuk mewujudkan visi menjadi organisasi kemanusiaan level dunia yang terpercaya dalam membangun kemandirian. Saat ini  ada sebaran di 13 cabang yang berada di Indonesia, Korea Selatan, Inggris, Australia. Selain itu ada 11 representatif yang tersebar di beberapa negara yaitu Amerika Serikat, Arab Saudi, Jerman, Jepang, Malaysia, Singapura, Qatar, Taiwan, Turki dan Uni Emirat Arab. (Hira)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *