oleh

Tepat 30 Mei 2020 Organisasi Advokat KAI Rayakan Ultah ke-12 di Masa Pandemi COVID-19

Jakarta, TribunAsia.com – Kongres Advokat Indonesia (KAI) merayakan hari ulang tahun yang ke-12 tahun. Tepat pada tanggal 30 Mei 2020 organisasi advokat masih tetap eksis dalam penegakan hukum di Indonesia. Heytman Jansen PS SH selaku Sekretaris Jendral Kongres Advokat Indonesia menyampaikan, perayaan ulang tahun organisasi advokat itu dilakukan secara online. Hal itu ditempuh oleh KAI mengingat situasi saat ini pandemi COVID-19.

” KAI sebagai salah satu Organisasi Advokat terbesar, seiring dengan berjalannya waktu telah berkiprah selama 12 (dua belas) tahun di bumi persada Indonesia. Dengan segala sepak terjang situasi pergolakan Organisasi Advokat, KAI dengan para advokatnya tetap bereksistensi dalam melakukan penegakan hukum untuk mencapai keadilan serta membangun pembaruhan hukum dalam peradilan dan penegakan hukum Indonesia,” terang Sekjen KAI, Sabtu (30/5/2020).

Iklan 52 Khutbah Jum'at

” Tepat pada tanggal 30 Mei 2020 ini, KAI merayakan keberadaannya sebagai OA selama 12 Tahun. Untuk itu OA KAI melangsungkan HUT ke 12 dengan merayakan melalui daring virtual disebabkan situasi kondisi Indonesia dan Dunia saat ini diterpa wabah Covid-19,” ujar Heytman kepada tribunasia.com .

Dia menambahkan, dengan segala situasi kondisi tidak dimungkinkan untuk melaksanakan perayaan secara konvesional didalam suatu tempat atau gedung. Namun demikian, perayaan ulang tahun organisasi advokat itu berlangsung secara seremonial.

Ditengah pandemi COVID-19, maka KAI melangsungkan dengan webversary melalui google meet dan diikuti oleh berbagai pengurus mulai dari DPP, DPD hingga DPC se-Indonesia.

” KAI sebagai OA tetap semangat melangsungkan perayaan HUT atau Anniversary ke 12 ini, sangat terlihat dengan begitu besarnya semangat para pengurus baik dari DPP, DPD dan DPC se Indonesia yang turut ambil bagian dalam pelaksanaan serta para Advokatnya yang turut join dalam pelaksanaannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Heytman mengatakan, ” Kami berharap HUT ke-12 ini, semangat KAI sebagai advokat pejuang dalam melaksanakan penegakan hukum tetap berkobar dalam menjalankan profesinya. Walaupun situasi kondisi saat ini sangat memprihatinkan, mengingat adanya wabah corona yang menimbulkan adanya kebijakan social distancing dan phisycal distancing, namun para advokat KAI tetap melaksanakan tugasnya sebagai pencari keadilan,” jelas dia lagi.

Sekjen KAI kemudian mengharapkan kepada para anggotanya untuk bangkit dan membangun Indonesia terutama di bidang hukum. Selain itu, kata dia, organisasi advokat memberikan pelayanan konsultasi hukum dan memperjuangkan rakyat.

” Dengan HUT KAI ke-12 para advokat KAI menyatakan diri tetap bangkit, maju, membangun Indonesia dari sektor hukum dan meningkatkan diri sebagai profesi yang intlektual dan berwibawa dalam melakukan perjuangan hukum membantu rakyat yang membutuhkan perlindungan hukum,” tambahnya.

Kongres Advokat Indonesia (KAI) juga melakukan pengawasan dan turut bekerja membantu penegak hukum lainnya. Disamping itu, advokat juga dapat memberi edukasi hukum kepada masyarakat luas.

” Dan turut memperhatikan, mengawasi serta membantu lembaga penegak hukum lain baik Kepolisian, Kejaksaan dan Mahkamah Agung. Juga sebagai pemerhati dan penyeimbang kebijakan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan. Akhirnya saya secara pribadi berharap besar agar KAI sebagai OA juga dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran hukum masyarakat agar terciptanya masyarakat yang adil dan makmur,” sambungnya. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *