oleh

Mensos Pantau Langsung Penyaluran Banpres di Sawangan Kota Depok

Kota Depok–Menteri Sosial Juliari P Batubara memantau lokasi penyaluran bahan makan pokok (bamapo) bantuan presiden (banpres) kepada keluarga penerima manfaat (KPM) dari bencana kesehatan Covid-19 di Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan, Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (26/5).

Secara keseluruhan se-Kota Depok, ada 170 ribu keluarga yang menerima bantuan bamapo selama darurat pandemi penyakit SARS CoV-2 ini. 

Iklan 52 Khutbah Jum'at

Mensos Juliari P Batubara menjelaskan, pemerintah secara umum menganggarkan dana hingga Rp3,4 triliun untuk bantuan sejumlah jenis bamapo masyarakat terdampak Covid-19 ini. 

“Pemerintah pusat sampai pemerintah daerah konsen membantu kesusahan warga yang terdampak daripada darurat kesehatan Covid-19 ini. Semoga tepat sasaran. Saya senang ada warga yang merasa tidak butuh bantuan tidak mengambilnya, kemudian mengembalikan kepada pemerintah setempat untuk diserahkan kepada yang membutuhkan,” ujar Batubara kepada awak pers. 

Menjawab wartawan soal adanya yang tidak tepat sasaran, secara sederhana, Juliari menjelaskan, tentu saja dari sekian juta paket atau sasaran KPM ada saja yang meleset. Namun hal itu wajar saja, segelintir saja diantara jutaan KPM. Dia berharap dapat terus diperbaiki dan kemudian diserahkan kepada yang berhak. 

“Semua kita ingin bekerja dan saling peduli. Sudah bekerja maksimal dan optimal dengan penuh tanggung-jawab. Jika ada yang sasaran sedikit ya, cepat kita perbaiki,” jelasnya. 

Bantuan yang diterima masyarakat berasal dari berbagai sumber. Mulai dari Kemensos, pemerintah provinsi dan pemerintah kota atau kabupaten.

“Jadi ini semua tadi saya tanya-tanya ke lurah, sudah diatur bantuannya. Ke Dinsos Pemkot Depok juga begitu, siapa yang dapet ini itu. Dari kami, utamakan yang paling terdampak, yaitu yang awalnya punya pekerjaan kemudian tiba-tiba kehilangan pekerjaan dan dia bukan penerima bansos-bansos reguler selama ini,” ucapnya.

Bantuan dari Banpres Kantong Kemensos, saat ini sudah masuk tahap ketiga dari enam tahap yang direncanakan. Diharapkan bantuan tersebut dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya yang membutuhkan.

Sejauh ini, jelas Batubara, sebagian besar sudah sesuai dengan perencanaan.  Mensos berharap ada evaluasi secara rutin dari pemerintah daerah. Agar penyaluran bansos tahap berikut yang lebih baik.

Sementara itu, di lokasi, Camat Sawangan Hery Gumilar dan Lurah Sawangan Baru Cucu Suardi yang mendampingi Mensos mengatakan sangat mengapresiasi kunjungan Mensos ini. 

Hery Gumilar menjelaskan, ada dibagikan kepada 7 ribu KMP di Kelurahan Sawangan, dan 8 ribu KMP di Kelurahan Sawangan Baru. Sedangkan untuk di kawasan Kecamatan Sawangan ada 13.453 KMP Banpres. Sedangkan hari Selasa, (26/5) ada 15 kepala keluarga KMP yang menerima banpres dari Mensos Juliari P Batubara di kantor lurah dan KMP di sekitaran kantor kelurahan. 

“Mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kemensos yang begitu antusias membantu memberikan bantuan berupa bahan makanan pokok kepada masyarakat Sawangan,” ucap Gumilar. (Hira)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *