oleh

Mahasiswa dan Wartawan di Kota Depok berbagi Paket Bamapo Hariraya kepada Warga Terdampak Covid-19

Selamat Idul Fitri 1441 H

Kota Depok–Direktorat Kemahasiswaan UI, bersama Resimen Mahasiswa (Menwa), Pramuka, Fact Checker, dan Pokja Wartawan Depok, kembali berbakti sosial membagikan paket bahan makanan pokok (bamapo) hariraya kepada masyarakat umum yang terdiri dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Depok, anak-anak yang tinggal di Panti Asuhan Masjid Jami Al Huda, dan kelompok relawan kemanusiaan yang selalu terdepan membantu masyarakat dalam berbagai tantangan bencana.

Tak hanya itu, mahasiswa dan wartawan ini juga memberikan paket kepada
Paket bamapo yang dibagikan ini terdiri dari sepuluh bamapo yaitu, beras, telur ayam, minyak makan, mie instan, gula pasir, tepung terigu, garam, kecap, teh, kopi.

Iklan RB

“Kami sangat berempati dengan masyarakat yang pasti merindukan untuk dapat merayakan tradisi lebaran dengan memasak kue dan makanan khas lebaran. Pemberikan ini kami harapkan tidak hanya melindungi masyarakat, agar tidak harus ke pasar atau mall, tetapi juga membuat mereka tetap bisa merayakan lebaran seperti di masa lalu, dengan makanan yang cukup,” seru Chandra Setiawan, Ketua Menwa) UI, Kamis (21/5).

Selain paket bamapo juga diberikan alat pelindung diri (APD) kepada para tukang gali kubur mayat Covid-19 di perkuburan Sawangan dan Tapos.

“Kolaborasi untuk terus mendukung kerja-kerja keras dan ikhlas banyak pihak sudah menjadi panggilan kami,“ ujarnya.

Sedangkan di panti asuhan, para mahasiswa juga memberikan edukasi tentang hidup sehat dan literasi informasi, supaya tidak terserang penyakit sosial, berita bohong, yang mampu menebarkan rasa takut dan cemas berlebihan di masyarakat.

Menwa UI juga, sudah seminggu lebih, setiap harinya membagikan sekitar 40 nasi bungkus kepada mahasiswa dari kampus lain yang yang masih tinggal di kos dan terdampak pandemi covid-19 karena tidak dapat mudik ke kampung halaman,” ujar anggota Menwa Rosari.

Selain Menwa UI, Ketua BEM UI Fajar Adi Nugroho mengatakan, BEM dan Salam UI telah menggalang dana secara mandiri di berbagai platform, semenjak awal Bulan Mei 2020

“Berhasil mengumpulkan 216 paket Hariraya Idulfitri, untuk dibagikan kepada ojek pangkalan, mitra pengemudi yang tersebar di beberapa titik pangkalan kampus UI. Para pengemudi ojek ini selama bertahun-tahun telah setia mendampingi sivitas akademika UI baik mahasiswa maupun para pengajar,” kenang Nugroho.

Pembagian yang dilakukan di Pusat Kegiatan Mahasiswa (Pusgiwa) UI ini, kami lakukan dalam empat tahapan, dengan memperhatikan protokol kesehatan selama Covid-19, supaya para penerima tidak berdesak-desakan, dan berpotensi menyebarkan virus corona di antara panitia dan penerima. (Hira)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *