oleh

Saat PDH Militer Keluar Dari Lemari

 

Jakarta, TribunAsia.com. Letnan Jenderal TNI Doni Monardo tampil beda. Tidak seperti biasa, Doni mengenakan pakaian dinas harian (PDH) TNI. memang beliau jenderal bintang tiga aktif.Senin (27/4/2020).

Iklan 52 Khutbah Jum'at

penampilan membuat sejumlah peserta rapat “Tracing dan Tracking ODP” terhenyak pada pukul 08.45 pagi ini. “Ada apa ya, kok pak Doni pakai baju Dinas lengkap.

Suasana serupa juga muncul lagi saat Doni mengikuti Ratas Presiden Laporan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 via Video Converence pukul 09.30. Sejumlah pejabat eselon 1 BNPB membantin bertanya tanya akan penampilan Doni hari ini.

Tegas

Baju PDH warna hijau lengkap dengan pangkat, 3 bintang 6 kalau kiri kanan dan aneka brevet Termasuk brevet komando baret merah .

Egy Massadiah, Tenaga Ahli BNPB yang juga Anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memotret Doni pagi ini dengan pakaian militer lengkapnya. Egy adalah kawan Doni sejak berpangkat mayor.

Cerita Eggy; “Semalam usai berbuka puasa ia mendengar langsung Pak Doni memerintahkan ajudannya, menyiapkan pakaian dinas harian untuk dipakai hari ini. kantor pasti ‘geger’, pikirnya. Jarang melihat Doni mengenakan pakaian tentara kecuali saat peringatan HUT TNI 5 Oktober 2019. Seingat saya, itulah terakhir pak Doni memakai seragam militer,” kata Egy.

Tanpa berbicara banyak, seragam itu sudah berbicara tentang karakter Doni.

Ternyata ia sampaikan akan bertindak tegas terhadap para penghalang dan perintang atas kerja kemanusiaan Gugus Tugas. “Apalagi kalau ada penyimpangan!!!!

“Kehadiran sosok Doni Monardo sebagai Kepala Gugus Tugas dalam busana militer, bisa membangun gairah patriotisme, semangat tempur ‘prajurit’ Gugus Tugas dalam menjalani peperangan melawan Covid-19,”

Kata kunci dalam peperangan adalah “disiplin”. Tampilnya Doni Monardo berbusana militer tentu harus diartikan sebagai upaya menebar pesan disiplin kepada semua pihak yang terlibat dalam penanganan Covid-19.

Pesan yang sama pula kepada seluruh rakyat Indonesia, agar bersama-sama memerangi wabah dengan sikap disiplin mengikuti anjuran pemerintah.
Disiplin mematuhi untuk tetap di rumah, disiplin untuk tetap mengenakan masker, disiplin untuk rajin mencuci tangan, disiplin untuk menjaga jarak, dan disiplin berpola hidup bersih.
( Peter F Gontha)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *