oleh

Tahanan Positif Covid-19, Kejari Jaksel: Keluarga Tidak Boleh Menjenguk

TribunAsia.com-Dari tiga orang tahanan positif Covid-19, Kepala Seksi Intelejen Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kasintel Kejari Jaksel), Andhi Ardhani menjelaskan pihaknya telah mengambil langkah karantina mandiri terhadap para tahanan lainnya.

Melihat kejadian tersebut, dia mengatakan untuk sementara waktu tahanan tidak diperkenankan bertemu dengan keluarganya dirutan. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencegah penularan Virus Covid-19.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

” Karantina mandiri dirutan tidak boleh dijenguk. Belum diketahui (terpapar) dugaan banyak tapi belum bisa dipastikan,” kata Andhi, Senin (20/4/2020).

Lebih lanjut, dia belum bisa memastikan sumber penularan ketiga tahanan tersebut terpapar Covid-19. Sebab, setelah diperiksa keluarga, penasehat hukum dan JPU hasilnya negatif atau bebas dari virus asal negeri Cina.

” Belum diketahui (terpapar) dugaan banyak tapi belum bisa dipastikan. Keluarganya tidak ada yang terkena positif penasehat hukumnya tidak ada yang terkena dan jaksanya juga tidak positif. Kita bingung,” ujar dia lagi.

Kasintel Kejari Jaksel pun mengatakan, para tahanan yang terkena Covid-19/Korona tengah ditangani tim medis. Untuk tahanan yang terpapar virus telah dipisahkan dari tempat tahanan lainnya.

” Iya 3 orang. 2 positif swab, 1 positif rapid. Dipisahkan, sudah di rumah sakit. Yang sehat di karantina yang sakit ditahan di medis,” tutur dia.

Kendati demikian, ketiga tahanan Kejari Jaksel saat ini ditangani sesuai dengan standar protokol yang ditetapkan pemerintah. Ia melanjutkan, sejumlah ruang tahanan yang dihuni mereka bertiga telah dilakukan penyemprotan disinfektan.

” Perlakuannya sesuai dengan protokol yang sudah ditetapkan oleh pemerintah tempatnya dibersihkan disemprot disinfektan dan orang yang sehat dibuat tetap sehat,” terang Andhi.

Dia berharap, untuk seluruh pegawai tetap mematuhi anjuran dari pemerintah demi terhindar dari Virus Covid-19. Adapun anjuran tersebut dengan mengenakan masker dan selalu mencuci tangan.

Saran Kasintel Kejari Jaksel, jika diantara personil/pegawai kejaksaan sedang sakit tentunya dia menyampaikan untuk segera berobat dan tidak masuk kantor sementara.

” Semua negatif semua (pengawal tahanan). Sesuai dengan anjuran pemerintah selain cuci tangan pakai masker, kalau sakit tidak usah mengantor aja,” jelasnya.

Terakhir, Kasintel memastikan seluruh personil pengawal tahanan Kejari Jaksel dinyatakan dalam kondisi sehat semua.

Ketiga tahanan yang diketahui positif itu diutarakan dia bukan tersangkut perkara pidana umum dan dititip rutan Salemba, Jakarta Pusat.

” Tapi itu bukan tahanan pidana umum, tahanan yang dititipkan di rutan Salemba cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. 3 orang (positif). 2 orang positif Sueb dan 1 orang positif rapid,” tandasnya Andhi. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *