oleh

Belasan Ribu Paket Sembako Gagal Didistribusikan ke Tangan Warga Pulogebang

Jakarta, TribunAsia.com-Bantuan sembako di Kelurahan Pulogebang tertunda ke tangan warga penerima bantuan. Semestinya, pendistribusian hari Senin, 13 April 2020 paket sembako akan tiba.

Menurut Mahfuz MZ, Lurah Pulogebang mengatakan 13.304 paket sembako diperkirakan akan turun dengan batas sekitar pukul 18.15 Wib atau setelah waktu shalat magrib.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

” Jumlahnya 13.304 paket, (untuk) 17 RW. Kita lagi menunggu barangnya belum datang (sembako),” ujar Mahfuz, Selasa (14/4/2020).

Sebanyak 17 RW akan memperoleh sembako dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tetapi, hingga dini hari paket sembako belum diterima warga setempat.

Rencananya jika paket kebutuhan bahan pokok tersebut tiba, diutarakan Lurah Pulogebang paket sembako itu akan diserahkan ke pihak pengurus RW.

Ia menambahkan, data-data masyarakat yang menerima bantuan sembako berasal dari Pemerintah Daerah DKI Jakarta. Sekedar informasi, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diterapkan mulai hari Jum’at 10-23 April 2020.

Hal itu berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 tentang pelaksanaan “Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta”.

” Untuk data-data ini sifatnya top down (atas ke bawah), bukan bottom up (bawah ke atas) kita tidak tahu,” ungkapnya.

Secara terpisah Ketua RT 001/01 mengatakan, pihaknya berserta pengurus lainnya menanti mulai pagi hari hingga petang paket sembako yang tak kunjung tiba.

Menurut Suyatman sesuai data yang diperoleh dari kantor Kelurahan Pulogebang Kecamatan Cakung Jakarta Timur warganya mendapatkan 84 paket sembako.

” Kita berdasarkan (data) yang tercantum yang terbagi nggak boleh terselak-selak. Katanya yang terimbas Covid-19 19 dapat. Kita ini cuma perantara doang tapi banyak orang (warga) yang nggak terima,” tandas pengurus RT.

Hingga sekitar pukul 19.00 Wib pendistribusian sembako tak kunjung turun ke tangan pengurus RT/RW di Pulogebang. Saat ini, data-data penerima bantuan sosial dipajang didepan kantor sekretariat RT 001 di Jalan Swadaya 3.

Lebih lanjut, ketua RT 001/01 juga menyampaikan kepada warga setempat bagi yang belum mendapatkan bantuan pihaknya akan mengupayakan dan mendata warga miskin kembali.

” Ini nunggu dari pagi, kata RW hari ini sampai tapi belum juga ada barang (belum tiba). Saya itu baginya binggung, itu tahu-tahunya datanya turunnya dari RW. Kalau dari sini satu RT saya ajuin semua yang ngontrak saya masukin dapat nggk dapat yang penting saya ajuin,” terang pengurus yang menanti turunnya sembako. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *