oleh

Akhirnya, DPR dan Pemerintah Sepakat Meniadakan Ujian Nasional Tahun 2020

Tribunasia.com,Jakarta, Akhirnya Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Senin (23/3/2020) pukul 23.10 WIB, bersepakat meniadakan rangkaian ujian nasional (UN) berbasis komputer (UNBK) untuk tiga level sekolah;  menengah atas (SMA), menengah pertama (SMP), sekolah dasar (SD) dan madrasah di tiga level sama (ibtidaiyah, tsanawiyah, dan aliyah).

DPR diwakili pimpinan Komisi X (bidang pendidikan) dan pemerintah diwakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim di Jakarta.

Keputusan diambil dalam rapat ‘konsultatif’ yang digelar secara online, antara Pimpinan DPR dan menteri, di rumah masing-masing.

Sedangkan sebagai pengganti UN, pemerintah menetapkan rujukan kelulusan dari  akumulasi nilai rapor.

Untuk itu hasil UN SMK yang telah digelar selama empat hari, mulai Senin 16 hingga  Kamis 19 Maret 2020 pekan lalu, ditetapkan dijadikan standar kelulusan.

Namun ada catatan untuk Opsi meniadakan UN di sekolah menengah, dasar dan madrasah yaitu, hanya akan diambil jika pihak sekolah menjamin mampu menyelenggarakan USBN dalam jaringan online. Namun hal ini sulit dilakukan mengingat tidak adanya fasilitas murid yang memadai, selain jaringan yang tidak merata.

Hal ini juga berkaitan dengan jumlah yang ikut ujian nasioanal mencapai 7 juta orang lebih, dan kemampuan server yang terbatas. (GN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *