oleh

Edukasi Masyarakat dari Pandemi Covid-19, Sekolah Relawan Bikin Ini

Depok, TribunAsia.com – Guna meredam kepanikan masyarakat terkait pandemi Covid-19 di Indonesia, sebuah gerakan madani Sekolah Relawan, membuat Kampung Siaga Covid-19. Kampung ini punya program memberikan edukasi pencegahan dan desinfikasi desinfektan di fasilitas sosial dan Fasilitas umum.

Disebutkan CEO Sekolah Relawan ini, Doni Aryanto, Rabu (18/3), sebagai sebuah organisasi masyarakat , Sekolah Relawan ini juga beraktivitas secara Internasional. Kampung atau Kawasan Siaga Covid-19 ini dibuat di sejumlah tempat di Kota Depok, Jakarta Selatan, Kota Tangerang, Bekasi, dan Bogor.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

“Rangkaian program aksi yang dilaksanakan pada kampung Siaga Covid-19 diantaranya Membentuk Satgas siaga Covid-19 tingkat RW/RT, melakukan sterilisasi fasilita umum dan fasilitas sosial tempat seperti tempat ibadah, sekolah, tempat kumpul warga. Kegiatan lainnya yakni mensosialisasikan hidup bersih dan sehat dan memperkokoh sistem keamanan warga. Kemudian membuat sistem laporan kesehatan warga,” jelas Doni.

Juga, dijelaskan Doni Aryanto, yang menjadi fokus Sekolah Relawan di Kampung Siaga Covid-19 ini yaitu menginisiasi lumbung pangan warga, menyediakan ruang informasi “Kabar Warga” terhadap isu corona dengan mengembalikan sikap gotong royong kemasyarakatan.

Sekolah Relawan percaya masyarakat mampu meminimalisir penyebaran serta menghadapi ancaman virus corona secara bersama-sama melalui Kampung Siaga Covid-19.

Sebagai contoh, di Kota Depok, Satgas Kampung Siaga Covid-19 ini dibangun di RW 11, Kelurahan Beji, Kecamatan Beji, sudah melakukan pembagian jel dan penyemprotan desinfektan di tempat ibadah, pendidikan, dan fasilitas sosial.

Sedang kan terkait penyediaan lumbung pangan, sudah melakukan pos pengumpulan beras di kantor rukun warga. Setiap satu kepala keluarga mengumpulkan satu mug beras setiap hari. (Hira)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *