oleh

Antisipasi Virus Korona, Kantor Kecamatan Pulogadung Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Selamat Idul Fitri 1441 H

Jakarta, TribunAsia.com – Antisipasi penyebaran virus Korona (Covid-19), Kecamatan Pulogadung berupaya melaksanakan penyemprotan cairan desinfektan. Penyemprotan dilakukan oleh petugas Damkar diseluruh kantor pelayanan publik.

Bambang Pangestu. A menyampaikan, pengunjung yang masuk ke kantor Kecamatan Pulogadung tak luput diperiksa suhu tubuh mereka oleh petugas piket.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

“Kantor kecamatan Pulogadung sediakan hand sanitizer (cairan anti septik) dan periksa suhu tubuh pengunjung. Jadi mulai dari kemarin di kecamatan Pulogadung menggunakan sistem satu pintu untuk keluar masuk dari gedung kantor kecamatan,” ujar Camat Pulogadung Jakarta Timur kepada TribunAsia.com disela-sela penyemprotan desinfektan, Selasa (17/3/2020).

Ia menambahkan, petugas piket juga memberikan cairan anti septik bagi para pengunjung yang hendak mengurus administrasi kependudukan. Selain pengunjung, pegawai ASN/PNS juga diperiksa oleh petugas yang berada dilobi kantor kecamatan tersebut.

“Kemudian juga kita menyelenggarakan piket untuk memeriksa tubuh setiap yang hadir. Baik itu pegawai maupun warga masyarakat kemudian kita juga menyiapkan hand sanitizer. Hari ini kita bekerjasama dengan Damkar sektor Pulogadung melaksanakan sprei untuk menyemprot di ruangan-ruangan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan dalam rangka pencegahan resiko terhadap covid,” ungkapnya.

Penyemprotan dilaksanakan sekitar pukul 15.00 Wib atau setelah jam pelayanan umum ditutup. Menurut Bambang, sprei dilakukan yang dilakukan Dinas Damkar pada petang hari dan diksudkan kegiatan itu berjalan efektif. Upaya mengantisipasi virus korona, diutarakan dia diantaranya dengan menjaga jarak dan tidak bersentuhan langsung kepada masyarakat sekitar.

“Untuk mengantisipasi itu kita menjaga jarak antara satu pegawai dengan pegawai yang lainnya. Terus antara masyarakat yang hadir kita menjaga jarak. Kita bersentuhan dengan cara tidak bersalaman tapi hanya saling menundukkan kepala atau menyimpan tangan di dada sebenarnya sudah kita lakukan,” terang dia.

“Seperti tadi di bersalaman tidak cipika-cipiki dan Ketika batuk tidak menggunakan bagian lengan dalam ditutup dengan dan terus sering-sering mencuci tangan jadi itu yang terus harus dilakukan dan pola hidup sehat itu benar-benar diterapkan,” sambungnya.

Sementara, sejumlah personil Damkar sektor Pulogadung Jaktim diterjunkan ke kantor kecamatan tak lain berjuan untuk penetralisasi penyebaran virus korona. Suryadi bertindak selaku Komandan Pleton Damkar melaksanakan penyemprotan diberbagai ruangan.

“Untuk di kantor kecamatan untuk penyemprotan melakukan penetralisasi dan untuk setiap ruangan. Terutama ruangan terkait pelayanan umum ruangan yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat yang bersentuhan langsung dengan masyarakat itu yang kita utamakan,” tandas petugas Damkar.

Ia menjelaskan, ” Kita mengirim 5 personil, dan alat-alatnya ini aivek. Untuk sektor Pulogadung kita baru di kecamatan Pulogadung untuk hari ini. Hari ini dilakukan penyemprotan hanya di bagian bawah terutama pelayanan publik dan di lantai 2 termasuk ruang pak camat,” imbuhnya.

Karena permintaan pihak Kantor Kecamatan Pulogadung penyemprot dilakukan setelah jam operasional. Dalam kesempatan itu, dia menilai penyemprotan desinfektan secara leluasa dilaksanakan pada perang hari agar tidak menggangu aktivitas.

“Tadi ke sini jam 3 (15.00 WIB) persis kemudian kita lakukan penyemprotan sesuai dengan apa yang diminta akan kantor kecamatan. Dan nampaknya tidak terganggu,” sebut Suryadi. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *