oleh

Transparan, Akurat, dan Akuntabel, Dishub Depok Terapkan Uji Kendaran Berbasis Elektronik Online

Depok, TribunAsia.com – Dishub Kota Depok terapkan pelayanan uji elektronik (Blue) online kendaraan bermotor pada Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) yang langsung berkoneksi dengan Kementerian Perhubungan. Sistem canggih mutakhir ini untuk mencapai pelayanan transparan, akurat, serta akuntabel.

Disebutkan Wali Kota Depok Mohammad Idris rilia lulus uji elektronik ini merupakan implementasi Kota Depok pemerintahan kabupaten kota yang melaksanakan program pemerintah terkait Smart City.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

”Jadi kita diminta untuk jadi rule model pelaksanaan smart city se Indonesia,” kata Idris di kantor Dinas Perhubungan Kota Depok. Dilaporkan TribunAsia.com, Rabu (11/3/2020).

Dijelaskan lebih lanjut oleh Kadishub Dadang Wihana dengan adanya uji kir elektronik-digital online pemeriksaan kelengkapan dokumen dan kelaikan kendaraan akan lebih cepat, presisi, serta transparan.

“Dari 514 kabupaten dan kota yang ada, ada 125 daerah yang sudah menerapkan sistem Blu ini. “Secara alat kita sudah bagus dan SOP kita sudah didampingi oleh ISO 9001 tahun 2015,” sebutnya.

Terang Wihana, uji kendaraan Dishub Kota Depok ini, sudah berakreditasi B. Tahun berikutnya ditargetkan dapat akreditasi A.

Rangkaian proses pengujian ini, rata-rata hanya 20 menit dari proses manual yang sekira satu jam dengan ada kelemahan ketidakakuratan karena masih juga mengandalkan perasaan pengujinya kendaraan semisal pada pengujian emisi kendaraan.

Karena UPTD-PKB ini online, terkait jaringan internet, Dadang mengungkapkan, sudah bekerjasama dengan Telkomsel sehingga dalam proses pengujian nanti tidak akan lagi gangguan. (Hira)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *