oleh

Susah Bayar Uang Kuliah Karena Resesi Ekonomi Indonesia, Mahasiswa Gunadarma Unras Rektorat

Depok, TribunAsia.com – Sekira 2000 lebih mahasiswa Universitas Gunadarma dari lima region kampus, Salemba, Kalimalang, Tangerang, Karawaci, dan Kota Depok berunjukrasa (unras) di Kampus D Gedung Rektorat di Jalan Raya Margonda, Senin (9/3).

Disebutkan Fulan, nama samaran, mahasiswa semester 8 Program Studi (Prodi) Ekonomi ini, sulitnya resesi ekonomi Indonesia membuat orangtua mahasiswa kepayahan melunaskan uang perkuliahan.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

“Saya rasakan, adik-adik kampus sekarang kesulitan melunasi uang kuliah, sebab orangtua mareka sedang kesusahan uang kemungkinan karena perekonomian yang sedang sulit akibat resesi ekonomi. Begitu cerita dari teman-teman saya,” ujarnya.

Pantauan, unras yang berlangsung sejak pukul 14.00 WIB, sampai pukul 19.00 WIB urus masih berlangsung di halaman rektorat. Tampak sedang jadi perdebatan dalam audiensi antara mahasiswa dengan Rektorat Gundar dengan Wakil Rektor III. Mareka berunras memprotes sulitnya sistem pembayaran biaya semester.

Apalagi, lanjut Fulan, bagi mahasiswa perantauan yang membutuhkan biaya lainnya seperti biaya kosan standar biasa sekira Rp700 dan biaya hidup sekira Rp1,5 juta per bulannya.

Memang sebutnya, yang sangat merasakan sulitnya bayaran kuliah adalah angkatan 2019/2020. Sekarang ditetapkan cara pembayaran 70:30 persen, rentang dua tahap yaitu pertama 70 persen dan kedua 30 persen, dalam selang waktu satu bulan. Sedangkan sistem yang lama, adalah 50:50 persen dari tahap pertama.

Ada pula peraturan, untuk perpanjang atau keterlambatan bayar di tanggal jatuh tempo ada biaya denda Rp10 ribu untuk per bulannya dengan peraturan hanya berlaku dua bulan saja. Mahasiswa juga menyebutkan fasilitas AC yang tak berfungsi baik.

Fulan menilai, faktor lain yang menyebabnya diperketatnya aturan pembayaran karena adanya pembangunan sejumlah gedung baru dan pembangunan prodi baru, kedokteran.

Seperti yang terpantau dalam orasi unjukrasa, akibat kesulitan ekonomi ruang tua, tak sedikit mahasiswa yang terpaksa berhenti kuliah, drop out.

Gunadarma adalah universitas swasta bergengsi dengan prodi special bidang teknik informatika. Biaya kuliah tertinggi saat ini mencapai Rp15 juta per semester hingga terendah Rp11 juta menurut masing-masing prodi. Terkait demonstrasi dan protes mahasiswa ini yang berlangsung hingga pukul 18.00 WIB belum ada keterangan pers. (Hira)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *