oleh

Solusi Banjir Sekitar JGC, SDA Jaktim: Pelebaran Crossing dan Penambahan Outlet ke BKT

Jakarta, TribunAsia.com – Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Timur menyampaikan mendatang disekitar Jakarta Garden City (JGC) akan dilakukan pelebaran crossing/persimpangan untuk mengantisipasi banjir.

Dalam hal ini, Santo tidak merinci secara jelas upaya-upaya yang hendak dilakukan SDA. Akan tetapi, dia mengatakan penambahan outlet akan dilakukan berempat di banjir kanal timur (BKT).

Iklan 52 Khutbah Jum'at
AEON Mall di wilayah Jakarta Garden City. (Foto : TribunAsia.com/Didi W)

“Pelebaran crossing dan penambahan outlet ke BKT,” singkat Kasudin SDA Jaktim, Jum’at kepada TribunAsia.com, (6/3/2020).

Perlu diketahui, warga sempat menggeruduk kantor pengelola kawasan Jakarta Garden City karena tiap turun hujan tempat tinggal warga sekitar terendam banjir. Masyarakat sekitar menduga, akibat berdirinya JGC dan AEON Mall pemukiman penyebab terjadinya banjir.

Ketua RT menjelaskan peristiwa massa geruduk AEON Mall Jakarta Garden City (JGC) karena buntut kekecewaan warga akibat banjir hari Selasa (25/2). Akan tetapi, solusi penanganan banjir yang telah disepakati JGC belum terealisasi. Keluhan warga sekitar sempat disampaikan sejak awal pembangunan kawasan JGC.

“Spontan sifatnya (aksi warga). Saya luruskan ini bukan demo, spontanitas kekecewaan warga JGC sudah mengiyakan yang terbaik untuk warga buat sodetan,” jelas Ujang Supriatna pengurus RT 09/06 Kelurahan Cakung Timur Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Komisi D Bidang Pembangunan DPRD DKI Jakarta turut mengatakan selain AMDAL banjir juga sempat merendam sekitar 4 RW di Kecamatan Cakung Jakarta Timur.

“Pertanyaannya JGC dibangun ini sudah melakukan Amdal atau belum. Sehingga dibangun, 4 RW terendam dan setelah dibangun banjir kemana-mana,” ujar Syahroni.

Menurut dia, Hal yang harus dilakukan untuk menyelesaikan permasalah itu dibutuhkan pompa dan pintu air disekitar JGC.

Antisipasi banjir disekitar Jakarta Garden City diharapkan masyarakat dapat bermusyawarah dan upaya solusi banjir nantinya akan dilakukan bersama pemerintah setempat.

“Bagaimana tentunya kita mencari jalan keluar dan saya sudah meninjau salah satunya air harus dibuang ke BKT. Sebetulnya tidak sulit karena menembus 300-500 meter enggak pakai pembebasan tinggal bekerja sama dengan pemerintah itu bisa terlaksana,” terang politisi PAN. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *