oleh

Kericuhan Warga di AEON Mall JGC, WALHI: Pemerintah Harus Review AMDAL

Selamat Idul Fitri 1441 H

Jakarta, TribunAsia.com – Kasus kericuhan di AEON Mall Jakarta Garden City menjadi catatan penting bagi pemerintah terkait Analisis Dengan Dampak Lingkungan/AMDAL.

Wahyu selaku Direktur Kampanye Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) mengenai konteks kebutuhan AMDAL masuk kedalam analisa resiko dan perlu dicek kembali.

Iklan RB

“Jadi konteks kebutuhan amdalnya jadi memang penting dicek apakah itu masuk dalam analisa resiko atau tidak. Kalau tidak mengetahui atau tidak diajak dalam sesi itu artinya ada suatu tahapan proses yang nggak dilalui ketika menyusun Andal,” ungkapnya kepada TribunAsia.com, Senin (2/3/2020).

Menurut dia, proses terkait dampak lingkungan sebelum membangun Kompleks Jakarta Garden City (JGC) baiknya melibatkan warga sekitar. WALHI menyampaikan atas hal tersebut perlu dilakukan pengujian karena masyarakat terdampak banjir.

“Kami hanya kasih umumnya saja itu sudah proses Amdal yang harus bersama warga walaupun terjadi lagi harus dilakukan uji faktualnya masyarakat dampak,” jelasnya.

“Apakah masyarakat itu masyarakat diajak dalam konteks pembangunannya masyarakat diajak,” sambungnya lagi.

Proses pembangunan Kompleks Jakarta Garden City perihal dampak lingkungan pemerintah diminta bertanggung jawab. Terlebih, AMDAL ditempat tersebut perlu dicek lagi termasuk pengurus lingkungan setempat yang terlibat.

“Dikonteks ini ada pemerintah harus yang harus turun, bertanggung jawab untuk melihat dan yang kedua harus dicek apakah Amdalnya itu melibatkan masyarakat atau enggak,” papar Direktur Kampanye.

“Karena mereka tidak pernah tahu dan tidak merasa dilibatkan. Bahkan, dalam konteks minimum ini dicek saja seperti ketua RW atau pimpinannya saat administrasi mereka selalu dilibatkan itu,” terang dia.

Namun demikian, dia juga menegaskan, dengan terjadinya aksi anarkis yang dilakukan secara spontan pada hari Selasa lalu (25/2) menjadi perhatian serius pemerintah.

Kata Wahyu, pemerintah perlu mereview baik AMDAL maupun IMB di Kompleks Jakarta Garden City sebab masyarakat kerap menjadi langganan banjir. Diketahui, sejak berdirinya AEON Mall Cakung di area JGC diperkirakan nyaris sekitar 4 RW terendam banjir.

“Secara umum dalam konteks lingkungan kasus-kasus seperti ini yang di JGC itu menjadi penting pemerintah harus mereview dan hal itu kan selalu berubah karena wacana ini muncul AMDAL dan IMB segalanya,” beber Walhi.

WALHI memaparkan kembali, baik dampak lingkungan atau perizinan lainnya dibutuhkan penyesuaian dan peruntukan bagi usaha. Dengan aturan tersebut, diharapkan dapat memperhatikan lmasyarakat dan lingkungan sekitar.

“Sekarang dengan aturan begitu saja dampaknya sering kali nggak terduga masyarakatnya kena. Apalagi itu kalau di klasifikasi untuk kelompok usaha tertentu saja,” urai Wahyu. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *