oleh

Peran Pers sebagai Non-State Actor di Era Demokrasi

TribunAsia.com

Oleh : Azis Andriansyah, SH, SIK, M.Hum.

Di era demokrasi saat ini, Pers memegang peranan penting. Hal ini berbeda dengan era masa lalu yang mana perjalanan sebuah negara didominasi oleh peran state actor yaitu pemerintah dan lembaga-lembaga negara.

Di era keterbukaan Informasi publik saat ini peran non state actor ini tampak menonjol. Pers, rakyat maupun wadah publik lainnya dapat turut berperan dalam mendorong kemajuan maupun kemunduran suatu negara.

Pers yang dijalankan secara profesional sesuai dengan kaidah jurnalistik, kode etik pers, Undang-Undang Pokok Pers atau juga pakta kesepahaman dengan sejumlah lembaga negara, menjadi bagian non state actor yang sangat penting.

Selain itu juga, menjadi salah satu indikator pula bahwa suatu negara akan terus maju pesat apabila terjaganya stabilitas keamanan yang kondusif karena buah dari peran pers yang positif.

Dalam kaitan inilah, Polres Metro Depok senantiasa menjadikan insan Pers sebagai mitra strategis dan istimewa dalam komunikasi dan informasi kepada masyarakat, pengelolaan dan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) baik secara lingkup nasional secara umum maupun dalam lingkup daerah khususnya.

Saya yakin, peran Pers sebagai penyambung informasi kepada publik ini memegang peranan penting dalam menjaga kondusivitas keamanan melalui olah informasi yang tepat dan benar dari kerja wartawan secara langsung dan berdasarkan fakta. Dengan demikian, Pers telah turut serta dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebagai satu di antara bagian state actor, saya beserta seluruh anggota Polres Metro Depok, mengucapkan, selamat Hari Pers Nasional ke-74, 9 Februari 2020. “Polres Metro Depok Bersama Insan Pers Senantiasa Berkolaborasi dalam Mewujudkan Kemajuan dan Kejayaan Bangsa.

(Penulis adalah Komisaris Besar Polisi yang saat ini menjabat Kapolres Metro Kota Depok).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *