oleh

Pasukan Brimob Jabar Sokong Penutupan Tambang Emas Ilegal di Bogor

Depok, TribunAsia.com – Satgas Gabungan Penanganan Tambang Emas Liar Polres Kabupaten Bogor menutup paksa petambangan liar di Pongkor, Nanggung, Kabupaten Bogor. Lubang-lubang tambang tanpa izin ini berada tersembunyi dalam kawasan BUMN PT Antam UBPE Pongkor, Nanggung, Kabupaten Bogor.

Sebanyak 1 SSK Personil Kompi 3 Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Jabar yang dipimpin Danki 3 IPtu Apep Yusup Maolana ikut mengamankan proses penutupan lubang penambangan emas ilegal ini, Sabtu (1/2/2020).

Sekira 100 personel diturunkan didampingi langsung oleh Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol Asep Saepudin.

“Lubang tambang emas liar yang ditutup adalah milik pengusaha tambang ilegal. Masyarakat dilarang untuk melakukan kegiatan pertambangan liar, baik tambang emas ataupun pasir. Tentunya dengan melakukan tindakan represif dan preventif ini, diharapkan memberikan efek jera kepada pelaku kegiatan tambang liar dan mencegah masyarakat lainya agar tidak lagi melakukan kegiatan tersebut,” sebut Kombes Pol Asep Saepudin, seperti sampaikan Divisi Humas Mako Brimob Polri Kelapa Dua, Kota Depok. Sabtu (1/2/2020).

Disebutkan Dansat Brimob Polda Jawa Barat ini, apabila petambang liar ini tetap menambang akan dilakukan tindakan tegas untuk proses penegakan hukum.

Dilaporkan TribunAsia.com, penutupan lubang tambang ilegal ini akan terus dilakukan. Pelaku tambang ilegal ini dapat sanksi dengan UU Minerba Pasal 158 Jo Pasal 37 dan atau Pasal 161 UU RI No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara dengan ancaman pidana kurungan maksimal 10 (sepuluh) tahun jadi warga binaan rutan (WRB) dan denda paling banyak Rp 10 miliar. (HIRA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *