oleh

Kanwil DJP Serahkan 3 Orang Tersangka Tindak Pidana Perpajakan ke Kejari Jaktim

Jakarta, TribunAsia.com – Kanwil DJP Jakarta Timur serahkan tersangka Tindak Pidana Perpajakan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Timur.

Penyidik Pajak Kanwil DJP Jakarta Timur melalui Korwas PPNS Kepolisian Daerah Metro Jaya telah menyerahkan tersangka WS, IH dan DZ disertai dengan barang bukti.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

Kasipenkum Kejati DKI Jakarta, Nirwan Nawawi menjelaskan, 3 orang tersangka diserahkan ke kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Timur (Kejari Jaktim) pada Rabu (29/1) setelah dicek kondisi kesehatannya.

“Kepada Jaksa Penuntut Umum pada Kejaksaan Negeri Jakarta Timur pada hari Rabu, 29 Januari 2020. Sebelum dibawa ke Kejari Jakarta Timur, para tersangka sudah dicek kesehatannya terlebih dahulu di Biddokkes Polda Metro Jaya dan dinyatakan siap untuk mengikuti proses penyerahan tahap II,” jelas Kasipenkum kepada TribunAsia.com, Jum’at (31/1/2020).

Melalui PT. STJ, para tersangka dalam kurun waktu Januari 2010 sampai debgan Desember 2012 diduga kuat telah melakukan tindak pidana di bidang perpajakan yaitu telah menerbitkan dan/atau menggunakan faktur pajak yang tidak berdasarkan transaksi sebenarnya.

“Sehingga menimbulkan kerugian pada pendapatan negara dari sektor perpajakan sekurang-kurangnya Rp8.259.349.753,00 (delapan milyar dua ratus lima puluh sembilan juta tiga ratus empat puluh sembilan ribu tujuh ratus lima puluh tiga rupiah),” tandasnya.

Kemudian, dijelaskan secara rinci atas perbuatan para tersangka tersebut melanggar ketentuan pasal 39A huruf a jo pasal 39 ayat (1) huruf b jo pasal 43 ayat (1) Undang-undang Nomor 6 Tahun 1983.

Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 jo pasal 64 ayat (1).

Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dengan ancaman pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan denda paling banyak 6 (enam) kali jumlah pajak dalam faktur pajak. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *