oleh

Bunuh Diri

TribunAsia.com

Oleh : Novita Tandry (Psikolog Anak dan Remaja)

Iklan 52 Khutbah Jum'at

Diwawancara pagi tadi di stasiun tv acara tentang alm. ananda N, siswi SMPN 147 yang bunuh diri loncat dari lantai 4 sekolahnya

70% anak remaja yang dikirim orangtuanya utk konseling dengan saya mengeluh ingin mengakhiri hidupnya. Kaget?

Kata mereka : Untuk apa hidup? Kalau nanti toh semua orang juga pasti mati! Mati sekarang aja. Malah keren mati muda dan gak usah cape2 sekolah, les bimbel dll terus dari hari Senin smp Minggu (yess! Literally 7 hari seminggu) dimarahin terus, ditakut2in terus, mati aja ach!

Gak mudah loh jadi Psikolog Anak & Remaja di Generasi Alpha ini selain sebagai pendengar mereka harus cerdas luar biasa karena pengetahuan mereka luas sekali tapi ironisnya ketahanan diri yang rendah dibandingkan generasi sebelumnya.

Jadi bukan melulu karena perundungan yang bahasa kerennya, bullying! Tapi karena orangtuanya tidak ‘hadir’ dalam kehidupannya, hanya bisa menuntut supaya anak mengerjakan yang mereka inginkan tapi tidak diberikan contoh dengan menggunakan akal budinya untuk berpikir!

Ajarkan anak dengan contoh apa itu Self Control : bisa membedakan yang benar dan salah (wisdom), tangguh dan punya ketahanan diri, punya mental yang kuat, bukan dilayani terus, diikuti maunya terus yang penting nilainya bagus!

Spoiled parents akan menjadikan spoiled children yang manipulatif, mediocre, demanding, tantrums tanpa akhir, sulit menerima tekanan, mudah stres, mudah menyerah, suka mengeluh dan maunya instant alias cepat jadi! Dan kalau ketemu masalah, sederhana, bunuh diri!

Wake up call yah, parents.. berkali2 saya ngoceh, HADIR, DENGARKAN ANAKMU dgn HATI dan jadi TELADAN! Jangan hanya bikin anak aja, didik mereka please kalau gak maka teknologi yang mendidik mereka dan menjadikan mereka AI yang tanpa emosi, empati dan daya juang’

Happy Parenting!

The hardest job you will ever love

Novita Tandry

Psikolog Anak dan Remaja

NTO International

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *