oleh

Aktivis Kesehatan Lions Club Ingatkan Kesehatan Akibat Banjir

Jakarta, TribunAsia.com – Aktivis Kesehatan mengingatkan masyarakat terutama yang terdampak banjir untuk menjaga kesehatan. AKBP Dr. Huntal Napoleon, SpBP-RE menyampaikan, masyarakat untuk senantiasa menjaga pola makan dan istirahat yang cukup dimusim penghujan.

Hal tersebut diutarakan dia, dampak setelah banjir yang terjadi diawal tahun 2020 lalu selain merendam sebagian wilayah di Jabodetabek juga berdampak pada kondisi kesehatan masyarakat.

“Jadi sebagai masukkan mungkin korban (banjir) juga belum selesai untuk persiapan antisipasi menjaga kesehatan, menjaga rumahnya juga. Selain itu, makan dan istirahat harus dijaga terutama anak-anak untuk mempersiapkan pakaian kering, alat-alat mandi dan menjaga kebersihan itu sangat penting,” jelas AKBP dr. Huntal Napoleon, SpBP-RE, Minggu (13/1/2020).

Disela-sela bhakti sosial terhadap masyarakat, sejumlah organisasi kedokteran ysng tergabung di Lions Internasional Sabtu pagi (12/1) membuka pelayanan kesehatan gratis di Jalan Perhubungan, Kelurahan Jati, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Demi keselamatan, masyarakat disarankan untuk tidak berenang pada disekitar pemukiman yang terendam banjir. Kata dokter yang bertugas di RS Polri itu, dampak dari luapan banjir tersebut bisa mengakibatkan penyakit kulit diantaranya gatal-gatal.

“Menjaga kebersihan itu sangat penting. Mungkin kalau kita melihat orang-orang berenang ketika banjir airnya meluap dari kali,” ungkapnya kepada TribunAsia.com.

Ia menambahkan, “Jadi permasalahan kesehatan yang dihadapi masyarakat sini karena masalah paska banjir biasanya sakit flu, sakit kulit, sakit diare untuk orang tua hipertensi, darah tinggi, nyeri otot, dan sakit kepala seperti itu,” tandasnya.

Kala itu, pemeriksaan kesehatan gratis dipusatkan di SMPN 92 Rawamangun, Jaktim. Organisasi profesi kedokteran yang terjun langsung ke titik masyarakat tersebut diantaranya Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI), Perhimpunan Klinik dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer Indonesia (PFKI).

Lebih lanjut, pria berkacamata itu pun menyampaikan selain melakukan pemeriksaan tim Lions Club juga memberikan suplemen dan produk pembersih lantai kepada masyarakat terdapak banjir.

“Selain obat-obatan kita juga memberikan suplemen yang tujuannya untuk menggantikan elektrolit. Setiap pasien mendapatkan itu dan tambahan juga telur dan juga pembersih rumah,” ujar dia lagi.

Terlebih, dia menyampaikan kepada masyarakat, “Jadi kami sebagai aktivis kesehatan perhimpunan dokter kami proaktif melihat keadaan masyarakat dan kami memantau disekitar lingkungan kami. Dan bisa menghubungi kami, kami bersedia untuk melaksanakan bakti sosial dan tidak menutup kemungkinan diarea sekitar DKI Jakarta,” terang Huntal. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *