oleh

Kementerian ESDM dan PT. Pamapersada Nusantara Beri Paket Sembako ke Korban Banjir di Cakung

Jakarta, TribunAsia.com – Kementerian ESDM saluran paket makanan berupa sembako kepada warga yang terdampak banjir di Pengarengan, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Sri Rahajo selaku Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara di Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara menyampaikan, bantuan yang disalurkan tersebut dialamatkan ke RT 013 RW 012.

“Paket makanan untuk RW 12 kampung Pengarengan. Jadi di Kementerian ESDM itu ada namanya tim ESDM siaga bencana memang kami turunkan untuk menyalurkan bantuan yang terdampak banjir,” kata Sri kepada TribunAsia.com, Senin (6/1/2020).

Ia menambahkan, Kementerian ESDM bersama PT. Pamapersada Nusantara atau yang lebih dikenal dengan sebutan PT. PAMA melalui tim siaga bencana turut serta meringankan beban korban banjir di Jakarta.

Kata Sri, PT. PAMA yang terdapat di Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur berinisiatif membantu masyarakat sekitar karena lokasi perusahaan itu tidak jauh dari pemukiman warga korban banjir.

Seperti diketahui, banjir melanda sebagian pemukiman penduduk sejak menjelang akhir tahun 2019 hingga tahun baru 2020. Untuk bantuan sembako itu sendiri diterima langsung oleh Ketua RT 013 dan Ketua Irianto sebagai RW 012. Dalam kesempatan itu, dihadiri pula oleh Sekel, Kasi Kesra, Jariah dan sebagian dari unsur tokoh masyarakat di lingkungan Kelurahan Jatinegara.

“Dari kami ada dari salah satu perusahaan PT. Pama dalam manajemen ini, Pak Ari ini berinisiatif untuk membantu masyarakat sekitar. Perusahaan disini (PT. PAMA) ini tidak jauh dari sini (RW 012),” ungkap dia.

Kemudian, Direktur di ESDM itu juga mengutarakan selain di Jakarta Timur tim siaga bencana tersebut juga membantu korban lainnya di sebagian wilayah Jabodetabek.

“Pama juga mengirimkan tim ke Lebak , Kemudian dari perusahaan lain ke Bogor jadi tim kami ini disebarluaskan ke seluruh daerah yang terkena bencana dengan tujuan untuk meringankan masyarakat setempat,” tandas Sri Rahajo.

Sementara, Ari Sutrisno sebagai Direktur SRGS dan SHE Departemen PT. PAMA menjelaskan kegiatan silaturahmi rutin itu sekaligus bagian dari perhatian terhadap masyarakat sekitar yang terkena korban banjir.

Menurut dia, warga Jatinegara merupakan bagian dari ikatan kekeluargaan meskipun kegiatan CSR kerap dilakukan oleh PT. PAMA yang berada di JIEP, Kawasan Industri Pulo Gadung.

“Bagian dari RW 12 itu adalah keluarga kita untuk kegiatan CSR selama ini, jadi tadi tujuannya silaturahmi karena kita biasa rutin kesitu keluarga besar JIEP. Tadi bantuan seperti sembako, sebagai wujud perhatian kita kepada warga di situ saja,” tutur Ari.

Namun demikian, dia menambahkan, pihaknya juga menerjunkan tim emergency dan untuk mengevaluasi korban bencana banjir dibeberapa tempat.

Lebih lanjut, kehadiran ESDM dan PT. PAMA yang bergerak di bidang pertambangan itu juga membangun hubungan terhadap masyarakat sekitar. Ungkapnya, kepedulian sosial itu diwujudkan dengan bantuan terhadap bencana banjir dan termasuk menurunkan perlengkapan perahu karet ditengah-tengah kondisi luapan air.

“Kita menurunkan tim emergency response kita, membantu pemerintah khususnya Jakarta Timur dan Bekasi untuk evakuasi dan bantuan turunkan perahu karet pas banjir itu ke warga. Pak Sri Raharjo artinya turut serta sebagai pembina. Kenapa, karena bekerja dibidang pertambangan Pama, serta bentukan perhatian beliau kepada warga intinya seperti itu,” terang dia. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *