oleh

Bawaslu Kota Depok: Poster Kandidat Pilkada di Pohon Perilaku Seperti Monkey

Depok, TribunAsia.com – Komisioner Bawaslu Kota Depok Bidang Sengketa Pemilu Sriyoni mengingatkan warga untuk memilih kandidat yang melakukan pelanggaran di Pilkada Kota Depok 2020 nanti.

Sebab, kandidat yang melakukan pelanggaran etik dan hukum adalah cerminan dari figur yang tidak tepat untuk diberikan amanah. Hal ini diungkapkanya dalam sarasehan ‘Refleksi dan Evaluasi Pengawasan pemilu dalam Era Kekinian Bersama Pemilih Pemula, Media Massa, Pemantau Pemilu, dan Pegiat Media Sosial’.

“Ada nilai kepantasan secara etika dan hukum yang harus menjadi perhatian masyarakat. Walaupun tidak melanggar hukum sebab tidak semua hal dapat berdelik hukum. Tapi, soal etika atau kepantasan juga harus harus jadi ukuran pelaksanaan pemilu,” ujar Sriyono seperti dilaporkan TribunAsia.com, Kamis (19/12/2019).

Sriyono mengingatkan pemilih cerdas dan dan beretika dalam berdemokrasi. Contohnya pemasangan poster calon di pohon-pohon.

“Saya pernah ditanya dalam sebuah forum oleh pelajar dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). ‘Pak, bagaimana kalau saya gantungkan pisang di depan poster kandidat yang ditempel di pohon, salah tidak, Pak’. Ini adalah cara berdemokrasi yang cerdas. Tidak usah gontot-gontotan. Sebab, yang ada di pohon adalah… monkey,” ulasnya.

Sriyono mengajak, terutama kepada pemilih pemula untuk aktif dalam pilkada nanti. Aktif memantau pelanggaran apa pun oleh kandidat maupun oleh tim suksesnya. Dia meminta supaya tidak golput. Sebab bila golput akan membuat peluang terpilihnya pemimpin yang tidak baik.

“Ada gak, kandidat yang tidak melakukan pelanggaran sama sekali? Sepertinya sih susah…. Maka pilihlah yang melakukan pelanggaran yang sedikit,” ungkapnya.

Tahapan Pilkada di Kota Depok adalah sebagai berikut, rekrutmen PPK dan PPS, mulai 15 Januari – 14 Maret 2020, penyusunan daftar pemilih tetap (DPT) mulai 18 April – 20 Juli 2020, pendaftaran calon sekitar 16-18 Juni 2020, penetapan calon 8 Juli 2020, kampanye 11 Juli – 19 September 2020, logistik mulai 11 Mei – 22 September 2020, pemungutan suara tanggal 23 September 2020 dan rekapitulasi penghitungan suara mulai 24 September hingga 2 Oktober 2020. (HIRA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *