oleh

Pegawai Agen Penyelenggara Umroh Jelaskan Perkara Penipuan dan Biaya Umroh

Jakarta, TribunAsia.com – Pegawai PT. Asa Mulia jelaskan biaya umroh tiap peserta dikenakan biaya Rp 19 juta. Ayu mengatakan untuk biaya umroh tiap peserta dikenakan biaya senilai Rp 19 juta.

“Pembayaran itu harus lunas satu bulan sebelum pemberangkatan. 41 orang tiap orang 19 juta,” ujar dia, Selasa (17/12/2019).

Kemudian, Ayu merinci waktu perjalanan umroh diperkirakan mencapai 9 hari dan itupun terhitung waktu dalam perjalanan. Dari sejumlah 41 orang jamaah tersebut, dia tidak merinci identitas peserta tersebut dan hanya menerima pendaftaran sesuai persyaratan.

PT. Asa Mulia itu sendiri merupakan penyelenggara umroh dan haji bertempat dibilangan Tebet Barat 2, Jakarta Selatan dan memberikan kesaksian terkait jumlah calon peserta umroh.

“Jadi kalau untuk jama’ah itu sendiri pihak kami tidak harus mencari jamaah, beliau datang dan sanggup melengkapi syarat,” ungkapnya.

Dari harga Rp 19 juta, kata dia, fasilitas yang didapat diantaranya perlengkapan pakaian, koper termasuk tempat penginapan. Selain itu, PT. Asa Mulia juga bertanggung jawab penuh terhadap calon peserta umroh yang terdata pada agen perjalanan itu.

“Jadi paspor yang kami sudah proses, kalau itu digantikan itu ada biaya. Harus lunas paling lambat satu sebelumnya,” tandas saksi.

Dwi Dayanto, SH., MH selaku pimpinan sidang turut meminta penjelasan dari saksi terkait perjanjian kontrak hubungan antara kedua Terdakwa yang diketahui sebagai suami istri itu menyelenggarakan kegiatan umroh.

“Apakah itu ada kontrak perjanjian,” tanya majelis hakim dengan didampingi Nun Suhaini dan Antonius Simbolon.

Kala itu, duduk selaku JPU dari Kejaksaan Negeri Jakarta Timur dihadiri oleh Donal Dwi Siswanto, SH sempat mengatakan seputar dokumen dan biaya perjalanan umroh.

“Untuk dokumen tidak masalah ya. Pada saat menyerahkan uang itu siapa yang melakukan deal-deal itu,” sebut penuntut umum. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *