oleh

Mako Brimob Siapsiagakan Satgas Penanggulangan Bencana Alam

Depok, TribunAsia.com – Pasukan dari Markas Komando Korp Brimob Polri disiapsiagakan Satuan Tugas Operasi penanggulangan bencana alam. Disebutkan Wakil Komandan Korp Brimob Brigadir Jenderal Polisi Abdur Rakhman Baso, satgas ini dibentuk bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan SAR Nasional, dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Hari ini, di Mako Brimob Kelapa Dua, Kota Depok, Jawa Barat digelar pasukan penanggulangan bencana sekaligus juga di seluruh Markas Polda. Gelar Siaga Bencana ini ikut dihadiri Direktur Penanganan pengungsi BNPB.

Johny Sumbung, Kasubdit Siaga dan Latihan Basarnas Nanang sigit, dan Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjak.

“Pasukan Mako Brimob sudah disiagakan untuk antisipasi kontijensi iklim penghujan ini. Pesonil juga sudah disediasiagakan di seluruh Brimob di seluruh Polda,” ujar Brigjen Rakhman, Senin (16/12/2019).

Selanjutnya, Fachri Radjak mengungkapkan sudah 50 persen wilayah Indonesia memasuki iklim penghujan. Sedangkan puncak 100 persen iklim hujan akan terjadi pada Januari sampai Februari nanti.

Sedangkan daerah rawan bencana banjir, tanah longsor, dan angin kencang adalah di pulau Sumatera bagian utara, Nanggroe Aceh Darussalam bagian barat, Sumatera Barat, pulau Jawa bagian Barat, Sulawesi Tengah, Papua dan juga di Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara.

Di Mako Brimob kedua pejabat yang hadir dari BNPB dan Basarnas sependapat, sangat mengapresiasi kesiagaan dan persiapan Mako brimob, Bahwa Polri sudah siaga antisipasi bencana alam. BNPB dan Basarnas siap bekerjasama dengan Polri untuk menyediakan logistik dan dukungan strategis teknis lainya. (HIRA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *