oleh

Jaksa Dakwa Lutfi Pembawa Bendera Merah Putih Demo KPK, Melawan Polisi

Jakarta, TribunAsia.com – Jaksa mendakwa Dede Lutfi Alfiandi alias Dede telah melakukan perbuatan melawan polisi saat demonstrasi pada 30 September 2019. Lutfi disebut berniat membuat keonaran saat demo itu.

“Karena niat terdakwa hanya untuk membuat keonaran atau kerusuhan di demo tersebut, terdakwa langsung menyamar menggunakan pakaian atau seragam sekolah terdakwa yang terdahulu yaitu baju putih dan celana abu-abu,” ujar jaksa Andri Saputra saat membacakan dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (12/12/2019).

Menanggapi itu, Wakil Ketua DPR RI, dari partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjadi penjamin penangguhan penahanan demonstran pembawa bendera dalam aksi demo 30 September lalu, Dede Lutfi Alfiandi.

Hal ini disampaikan kuasa hukum dalam sidang perdana kasus Lutfidi Pengadilan Negeri Jakarta Pusat,

“Kita ajukan permohonan penangguhan mengingat beliau masih muda,” ujar kuasa hukum Lutfi, Andres, saat menyampaikan permohonan penangguhan kepada hakim.

Selain Dasco, permohonan penangguhan itu juga diajukan anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman dari Partai Gerindra dan Didik Mukrianto dari Partai Demokrat. Permohonan itu disampaikan langsung dalam pernyataan tertulis dengan tanda tangan dan bermeterai.

Dalam surat permohonan, disebutkan bahwa Lutfi tidak akan melarikan diri, tidak mempersulit pemeriksaan, tidak mengulang perbuatan, tidak menghilangkan barang bukti, dan akan mengikuti seluruh proses hukum sesuai aturan yang berlaku.

“Kami berharap apa yang kami ajukan dapat dikabulkan,” katanya.

Menanggapi permohonan tersebut, majelis hakim menyatakan akan musyawarah terlebih dulu. Lutfi menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Ia merupakan salah satu demonstran yang terlibat dalam aksi pelajar sekolah menengah di depan gedung DPR pada 30 September yang ditangkap polisi.

Lutfi dikenal karena foto pemuda usia 20 tahun saat menggenggam bendera Merah Putih, itu viral di media sosial. Lutfi dalam foto itu disebut ingin menghindari gas air mata dari aparat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *