oleh

Kepsek SMAN 1 Kota Depok Bantah Ada Kecurangan UAS Kelas X

Depok, TribunAsia.com – Kepsek SMAN 1 Kota Depok, Supyana membantah adanya pengulangan Ujian Akhir Sekolah (UAS) lantara ada kecurangan proses ujian kelas X.

Sebelumnya, beredar kabar di pesan whatsapp grup bahwa SMAN 1 bakal mengulang UAS khususnya pada kelas X karena ada dugaan 16 orang pelajar dapat bocoran soal dari pengawas setelah membayar masing-masing Rp 100 ribu dengan total Rp 1,6 juta.

Supyana mengatakan, pihaknya akan tetap menggunakan hasil UAS yang baru diselesaikan pada tanggal 9 Desember 2019 sebagai tanda berakhirnya semester kedua di tahun ini.

“Karena masih dugaan, dan belum tahu kebenarannya. Kami akan melakukan penyelidikan internal. Selain itu nilai hasil ujian juga belum keluar,” kata Supyana, seperti dilaporkan TribunAsia.com, Selasa, 10 Desember 2019.

Supyana mengatakan, desakan UAS susulan tersebut datangnya dari orang tua murid yang merasa dirugikan dengan dugaan praktik kecurangan kebocoran soal di beberapa mata pelajar.

Namun Supyana, pihaknya belum mengambil keputusan untuk dilakukannya UAS susulan, mengingat kegiatan UAS baru selesai pada Senin 9 Desember 2019 kemarin.

“Kan kita selidiki dulu, benar tidak, ada kecurangan dan sebagainya, kalau sekarangkan nilainya saja belum keluar,” ujar upyana.

Menanggapi permasalahan ini, terpisah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Jawa Barat, Aang Karyana mengatakan, kebijakan UAS merupakan otoritas masing-masing sekolah. Kemudian, akan diselidiki secara internal sekolah kalau terbukti nanti kita akan kelapangan melakukan pembinaan melibatkan pengawas. (HIRA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *