oleh

Sosialisasi Bahasa Isyarat Dilakukan di Masjid Umar Bin Khatab

Jakarta, TribunAsia.com – Sosialisasi bahasa isyarat dilakukan di Masjid Umar Bin Khatab, dibilangan Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur. Menurut Ketua Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM), Ajad Sudrajat kegiatan tersebut dihadiri sekitar 100 lebih baik dari pengurus perwakilan Masjid se-DKI Jakarta dan pengurus disabilitas.

“Acara ini dihadiri oleh 70 orang dari perwakilan Masjid se-Jakarta, 20 orang tuna rungu dari gerakan untuk kesejahteraan tuna rungu Indonesia DKI Jakarta, 10 orang tunanetra dari ikatan tunanetra muslim Indonesia DKI Jakarta,” kata Ajad kepada TribunAsia.com, Senin (2/12/2019).

Kejaksaan Negeri Jakarta Timur - ZONA INTEGRITAS (Wilayah Bebas Korupsi)

Namun, melalui sosialiasi bahasa isyarat diharapkan kaum disalibitas memahami tata cara ibadah khususnya umat Islam. Selain itu, penyampaian Khotib ketika shalat Jum’at dengan bantuan bahasa isyarat sekiranya dapat diterima oleh makmum disabilitas.

“Mendukung sosialisasi bahasa isyarat kepada masjid-masjid dikarenakan melaksanakan ibadah untuk umat Islam itu adalah wajib hukumnya. Terlebih ketika mereka mengetahui apa yang disampaikan Khotib Jum’at ketika menyampaikan khotbahnya,” tandas DKM Masjid Umar Bin Khatab.

Ia menambahkan, “Surah Abasa adalah sumber yang dimana tempat ibdadah sarana pengajian termasuk materi Khotbah wajib hukumnya diakses untu semua umat manusia termasuk para kaum disabilitas,” imbuhnya.

Kata sambutan juga disampaikan KH. Alayubi yang merupakan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta. Dia mengungkapkan, dirinya siap membuka diri terhadap kaum disabilitas terutama perihal materi ibadah.

Mendatang, dia akan membuat surat edaran keseluruhan Masjid tidak lain untuk memberikan pelayanan kepada jamaah disabilitas.

“Rosullullahpun telah mencontohkan ya terlebih dimasjid Nabawi saja sudah sangat akses sarana dan prasarananya dalam masjid. Oleh karena itu, DMI DKI Jakarta akan membuat surat edaran kepada semua masjid supaya bisa melayani jamaah disabilitas,” ujarnya.

Adapun untuk sosialisasi itu dihadiri oleh Ketua Gerkatin DKI Jakarta, Irda Neli Jamal sebagai pemateri bahasa isyarat dan moderator Ajad Sudrajat selaku Ketua 1 Bidang Organisasi Ikatan Tuna Netra Indonesia. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *