oleh

Warga Jatinegara Berhasil Tangkap Ikan Aligator di Situ Rawabadung

Jakarta, TribunAsia.com – Warga Jatinegara digegerkan dengan dengan tertangkapnya ikan Aligator di Situ Rawabadung, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Menurut Lurah Jatinegara, Slamet Sihabudin ikan Aligator terpancing oleh kail milik Didin warga yang tinggal tidak jauh dari Situ Rawabadung.

Sepengetahuan dia, hanya Didin-lah salah seorang warga yang menetap di RT 005 RW 013 berulang kali berhasil memperoleh ikan Aligator ditempat yang sama.

Kejaksaan Negeri Jakarta Timur - ZONA INTEGRITAS (Wilayah Bebas Korupsi)
Situ Rawabadung. (Foto : TribunAsia.com/Didi W)

“Ada warga yang mancing di Situ Rawabadung, Jatinegara namanya Bang Didin, jadi yang mancing dapat ikan aligator tersebut,” jelas Lurah di Situ Rawabadung kepada TribunAsia.com, Sabtu (30/11/2019).

Kemudian, Slamet Sihabudin menjelaskan ikan Aligator sudah 3 ekor terpancing oleh warga sekitar. Namun, ditambahkan dia, dengan tertangkapnya ikan Aligator di Situ Rawabadung kedepan menjadi objek destinasi wisata air di Cakung Jaktim.

“Yang saya tahu sudah 3 ekor yang ketangkap , sama Bang Udin semua itu. Mudah-mudahan ke depan situ Rawa Badung kini menjadi destinasi wisata air untuk kelurahan wilayah Jatinegara, Cakung Jakarta Timur khususnya,” ungkapnya.

Selain itu, Lurah Jatinegara mengimbau kepada masyarakat sekitar bila mendapatkan ikan Aligator untuk tidak dimusnahkan, sebab ikan tersebut merupakan hewan yang dilindungi.

Terlebih, kata Slamet, dia akan berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta terkait ikan Aligator yang tertangkap oleh warga setempat.

“Dulu kan pernah ketangkep juga, kita musyawarahkan ke lingkungan tersebut ini adalah ikan yang dilindungi jangan begitu tertangkap dimatikan. Kita serahkan ke pihak perikanan Provinsi DKI Jakarta,” tandasnya.

“Ini kan baru tertangkap barusan (dini hari), oleh yang mancing kita belum berkoordinasi pihak yang lain. Itu sama teman-temannya yang mancing ikan kakap yang saya tahu Bang Didin saja yang nangkap,” lanjut dia.

“Ini sebenarnya ikan makan ikan, ini predator juga mohon maaf. Di sini kan situ Rawabadung sebagai destinasi wisata kalau bisa disitu tidak ada ikan Aligator.

Namun demikian, Situ Rawabadung diutarakan Lurah Jatinegara akan menjadi tempat pembibitan dan budidaya ikan. Selain itu, warga setempat juga berharap pihak terkait dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta untuk segera menindaklanjuti.

“Kalau kalau ada kalau masih ada ikan aligator di sini kalau kita taburkan benih ikan dsni percuma kenapa pasti akan dimakan oleh ikan Aligator yang belum tertangkap. Jadi, kedepan saya sarankan kepada dinas terkait, supaya ikan Aligator yang ada di Situ Rawabadung itu supaya ditangkap dan tidak ada lagi disitu,” terangnya.

Sementara, Ketua RW 013 juga memaparkan ikan Aligator tertangkap warga yang tengah mancing dibantaran Situ Rawabadung sejumlah satu ekor. Kata dia, terhitung dini hari itu total ikan Aligator yang didapat Didin berjumlah 3 ekor.

Untuk lokasi tersebut, Situ Rawabadung terbagi menjadi dua wilayah yakni terdapat dilingkungan RW 013 dan RW 08.

“Yang nangkep Didin sudah dapat 3 kali ditangkap sekitar setengah sebelas ( Jum’at, 22.30 WIB). Tiga kali dapat ikan Aligator,” singkat Adnan. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *