oleh

Bintang Puspayoga Ajak Lapisan Masyarakat Bersinergi Perjuangkan Hak-Hak Anak

Jakarta, TribunAsia.com – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menyapa 150 anak dari Forum Anak Kota Surakarta dan Jawa Tengah, dalam acara Convention on The Rights of The Child di Balaikota Surakarta. Acara ini digelar dalam rangka menyambut Peringatan Hari Anak Sedunia dan 30 Tahun Konvensi Hak Anak (KHA) yang jatuh pada 20 November 2019.

“Apresiasi kami sampaikan kepada Walikota Surakarta karena Forum Anak di Jawa Tengah khususnya di Kota Surakarta ini sangat luar biasa. Anak-anak diberikan hak-hak dan peluang untuk menyalurkan pendapatnya dalam musrembang. Ini artinya mereka sudah dilibatkan pemerintah dalam proses pembangunan di Jawa Tengah,” ungkap Menteri Bintang dalam sambutannya pada acara CRC ke-30 di Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (20/11/2019).

Kejaksaan Negeri Jakarta Timur - ZONA INTEGRITAS (Wilayah Bebas Korupsi)

Menteri Bintang meminta anak-anak untuk ikut mendukung dan bersinergi demi mewujudkan pemenuhan hak mereka. “Jika Forum anak seperti kalian dapat menggeliat maju memperjuangkan hak anak di seluruh Indonesia, maka 50% tanggungjawab Menteri PPPA akan dengan mudah kita wujudkan bersama,” jelas Menteri Bintang.

Selain itu, Menteri Bintang juga berharap semoga berbagai kemajuan dan hal positif yang dilakukan Forum Anak Jawa Tengah khususnya di Kota Surakarta ini dapat menjadi role model bagi forum anak di seluruh Indonesia. Sekedar diinformasi kegiatan berlangsung dihadiri oleh Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, dan Perwakilan UNICEF Indonesia Debora Comini.

“Untuk seluruh lapisan masyarakat baik pemerintah pusat, provinsi maupun kota, mari kita bergandengan tangan. Jalan berdampingan bersama anak-anak di Surakarta, Jawa Tengah, dan seluruh Indonesia untuk memperjuangkan hak-hak mereka,” ungkap Menteri Bintang.

Menteri Bintang menuturkan bahwa sesuai catatan khusus Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, program prioritas untuk lima tahun ke depan yang harus dilakukan dalam memenuhi hak anak, yaitu fokus untuk meningkatkan peran ibu dalam pendidikan anak, menurunkan angka pekerja anak, dan menurunkan angka perkawinan anak.

“Besok kita akan melakukan dialog bersama. Saya ingin mendengar semua pendapat dan masukan dari kalian, sehingga ke depan arah kebijakan kita tidak salah, apa yang harus pemerintah lakukan untuk mewujudkan terpenuhinya hak-hak dan perlindungan anak di Indonesia,” pungkas Menteri Bintang. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *