oleh

Ray Cardo Kurir Sabu-Sabu Dihukum 8 Tahun dan Denda 1 Miliar

Selamat Idul Fitri 1441 H

Jakarta, TribunAsia.com – Ray Cardo kurir sabu-sabu seberat 90,06 gram dijatuhi hukuman 8 tahun penjara dari tuntutan 11 tahun. Sebelumnya, Terdakwa ditangkap pada hari Rabu, 3 Juli 2019 lalu di Mangga Dua Square Jakarta Utara. Karena tempat kediaman saksi-saksi sebagian besar berada di wilayah hukum Jakarta Timur, maka Selasa petang PN Jaktim mengadili perkara tersebut.

“Vonis 8 tahun denda 1 miliar subsider 6 bulan, dari tuntutan 11 tahun. Ditangkap di Kebon Pala, Gang Ceremai nomor 65 didalam Wisma Shedifa, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur,” kata Sunar, SH bersama Verian Simon Patric, SH kepada TribunAsia.com, Selasa (19/11/2019).

Iklan RB

Namun demikian, tim Kuasa Hukum Ray Cardo alias Cardo bin Zulkifli menambahkan, kliennya dalam perkara narkotika golongan satu itu bertindak sebagai perantara.

Kliennya dalam perkara itu, ditangkap petugas ketika hendak melakukan pertemuan di Mangga Dua Square. Rencananya, kristal bening tersebut akan dikirim Ray Cardo dari Mangga Dua Square ke Kampung Makasar, Jakarta Timur.

“Dia sebenernya kurir, dia pertemuan di Mangga Dua Square, Jakarta Utara. dia ngambil barang aja lalu kemudian dibawa ke Kampung Makasar Jakarta Timur ditangkap disitu,” ungkapnya.

Saat menjalani proses hukum, Ray Cardo diancam pidana Pasal 114 ayat 2 dan 112 ayat 2 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Ketika agenda sidang putusan itu dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Wahyu Setianingsih, SH MH dengan didampingi Tri Andita, SH MH dan Suparman Nyompa, SH MH.

Selain itu, duduk selaku penuntut umum (JPU) Parulian Prayudi, SH mengatakan Ray Cardo di vonis oleh Majelis Hakim PN Jaktim selama 8 tahun dengan denda 1 miliar subsider 6 bulan.

“8 tahun 1M (miliar) 6 (subsider) bulan,” tutur dia.

 

Sekedar informasi kronologi dan dakwaan tertuang didalam SIPP PN Jaktim.

DAKWAAN: 

KESATU

——— Bahwa ia Terdakwa RAY CARDO als CARDO bin ZULKIFLI pada hari Rabu tanggal 03 Juli 2019 sekitar pukul. 18.20 wib atau setidak-tidaknya pada suatu waktu dalam bulan Juli 2019 bertempat di Mangga Dua Square Jakarta Utara atau setidak-tidaknya disuatu tempat yang masih termasuk dalam daerah hukum Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang berwenang memeriksa dan mengadili, karena tempat kediaman saksi-saksi sebagian besar berada didaerah wilayah hukum Pengadilan Negeri Jakarta Timur dari pada tempat kedudukan Pengadilan Negeri Jakarta Utara, sesuai ketentuan pasal 84 ayat (2) KUHAP Pengadilan Negeri Jakarta Timur berwenang memeriksa dan mengadili perkara ini, yang tanpa hak atau melawan hukum, menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar atau menyerahkan Narkotika golongan I, dalam bentuk bukan tanaman jenis Sabu, yang beratnya melebihi 5 (lima) gram, yang dilakukan dengan cara-cara dan keadaan sebagai berikut :

Perbuatan Terdakwa tersebut sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 114 ayat (2) Undang-undang RI Nomor 35 tahun 2009 Tentang Narkotika. —————————————–

ATAU

KEDUA

——— Bahwa ia Terdakwa RAY CARDO als CARDO bin ZULKIFLI pada hari Kamis tanggal 04 Juli 2019 sekitar pukul. 17.00 Wib atau setidak-tidaknya pada suatu waktu dalam bulan Juli 2019 bertempat di Gg. Cereme Rt.06 Rw. 04 No. 65 tepatnya didalam Wisma Shedifa Kel. Kebon Pala Kec. Makasar Jakarta Timur atau setidak-tidaknya disuatu tempat yang masih termasuk dalam daerah hukum Pengadilan Negeri Jakarta Timur, tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan Narkotika Golongan I, dalam bentuk bukan tanaman jenis Sabu, yang beratnya melebihi 5 (lima) gram, yang dilakukan dengan cara-cara dan keadaan sebagai berikut : Kamis tanggal 04 Juli 2019 Pukul 17.00 wib

Perbuatan Terdakwa tersebut sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 112 ayat (2) Undang-undang RI Nomor 35 tahun 2009 Tentang Narkotika ——————————————. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *