oleh

4 Pelaku Pencurian di Bagasi Pesawat Dibekuk Polresta Bandara Soekarno-Hatta

Tangerang, TribunAsia.com – Polresta Bandara Soekarno-Hatta berhasil membekuk empat orang pelaku kasus pencurian handphone di bagasi pesawat atau dodos tas. Keempat palaku tersebut diantaranya berinisial DI, S, BA, dan MR. Sedangkan S masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Adapun kronologis pencurian tersebut yakni pada hari Jumat, 19 Juli 2019 sekitar pukul 00.00 WIB, pada saat tim operasional lapangan PT J&T Express melakukan pengiriman 16 koli cargo yang berisikan handphone merek Oppo dari Jakarta ke Medan melalui Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan Jasa Cargo Garuda GA 188 penerbangan 19 Juli 13.00 WIB.

Setelah tiba di Gudang cargo Bandara Kualanamu Medan, pihak J&T Medan yang mengurus pengambilan cargo mendapati jumlah cargo hanya 15 koli. Setelah dilakukan pemeriksaan didapati hasil bahwa telah terjadi kehilangan satu koli berisikan empat unit hanphone merek Oppo dengan kerugian Rp.27.945.000 juta.

“Modusnya dodos tas mengambil handphone ini dilaporkan bulan kemarin dan berhasil diungkap pertengahan bulan Oktober,” ungkap Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Arie Ardian Rishadi, saat jumpa pers di kantornya, Selasa (5/11/2019).

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Alexander mengatakan, berdasarkan laporan polisi dengan penyelidikan yang cukup lama, pihaknya telah mendapatkan informasi bahwa tersangka pencurian tersebut berada di Daerah Medan dan berhasil dibekuk di Cargo Bandara Kualanamu Medan.

“Dua pelaku utama berperan mengambil barang saat turun dari pesawat yang berprofesi sebagai sopir, dua orang penadah dan satu orang masih DPO,”  terangnya.

Adapun hukuman tersangka dikenakan pasal pencurian dengan pertolongan jahat atau tadah sebagaimana pasal 363 ayat 1 KUHP pidana dan pasal 480 dengan ancaman 7 tahun penjara perkara pencurian dan pemberatan sementara terhadap perkara penadah diancam empat tahun penjara.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *