oleh

PMJ Tangkap Sindikat Notaris Nakal Penipuan Beli Properti

Jakarta, TribunAsia.com – Polda Metro Jaya mengungkap dan menangkap aksi penipuan pembelian rumah mewah yang dilakukan seorang oknum notaris N dengan kaki-tangannya NW.

Dijelaskan Kabid Humas Kombes Argo Yuwono, kedua puan ini ditangkap setelah melakukan penipuan kepada korban pemilik rumah di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (4/11).

Penyidik Subdit Harda PMJ menemukan dugaan aksi W ini berkaitan dengan laporan penipuan jual-beli tanah dan rumah lainnya di kawasan Jakarta Selatan.

“Menangkap pelaku penipuan dengan berpura-pura menjadi pembeli properti rumah. Penipuan jual beli tanah maupun properti ini menyasar sertifikat asli untuk kemudian dijual ke pihak ketiga. Polisi menetapkan W dan N sebagai tersangka,” ujar Argo.

W diduga berakting berlaku sebagai pembeli Sedangkan N merupakan seorang notaris yang berdomisili di Cianjur. Mareka menyasar para penjual rumah dengan memberi jaminan down payment uang tunai agar mendapat kepercayaan penjual. Dengang membayar ung muka Rp150 juta sehingga membut si empunya rumah percaya dan menyerahkan sertifikat rumahnya kepada W.

“Dia menyasar sebuah rumah di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Rumah tersebut dijual dengan harga Rp4,5 miliar. W memberi uang Rp150 juta agar sertifikat diberi penjual. Dengan adanya DP, otomatis penjual rumah percaya. Korban memberikan sertifikat dibuat sebagai perjanjian jual beli. Dari tersangka W, diberikan ke notaris di Cianjur,” katanya di Polda Metro Jaya, Senin (4/11/2019).

Ternyata kemudian, sertifikat rumah itu digadaikan kepada pihak lain. Diduga pelaku merupakan satu jaringan dengan tersangka penipu lainnya yang sudah masuk kejaksaan. Akibat perbuatannya ini, W dan N dijerat dengan pasal 372 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara. (HIRA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *