oleh

Cara UP Kenalkan Pancasila dengan Pagelaran Wayang Kulit Lakon Brojodento Labuh

Jakarta, TribunAsia.com – Universitas Pancasila menggelar acara Wayang Kulit Sabtu malam sampai dini hari Minggu (3/10). Rektor Universitas Pancasila (UP) Wahono Sumaryono mengatakan pagelaran wayang kulit berlakon Brojodento Labuh ini untuk implementasi Pancasila dan melestarikan budaya nasional yang penuh dengan pesan-pesan moral yang baik bagi kehidupan sehari-hari dan tidak pernah lekang dari dinamika zaman.

“Ini artinya untuk menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila juga memerlukan stamina kekuatan bangsa yang solid. Mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila yang direfleksikan dalam pesan moral pada pagelaran wayang maka diharapkan dapat menjadi kampus yang unggul dan terkemuka berdasarkan nilai-nilai Pancasila,” ujar Sumaryono di Kampus UP seperti dilaporkan TribunAsia.com, Minggu (3/11/2019).

Iklan 52 Khutbah Jum'at

Tampil sebagai Dalang dalam Pagelaran Wayang Kulit tersebut Ki Anom Suroto dan Ki Aji Bayu Pamungkas. Selain itu juga ada pesinden dari Hesti Rahayu di halaman kampus Fakultas Hukum UP sebagai puncak dari Perayaan HUT ke-53.

Turut mengundang masyarakat di sekitar kampus dan penggemar pagelaran wayang selain sebagai pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi juga pusat pengabdian kepada masyarakat sehingga terbuka dalam menyebarluaskan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat secara luas.

Sementara itu Ketua Panitia Pagelaran Wayang Kulit UP, Ade Saptono jelaskan, cerita wayang relevan dengan keadaan saat ini sehingga menjadi menarik. Maka, penonton akan mengetahui sebenarnya apa yang terjadi dibalik tontonan Wayang Kulit tersebut, baik itu bagi masyarakat, bangsa, negara bahkan dunia.

“Maka kita memainkan simbol kejadian kekinian dalam Pagelaran Wayang Kulit, maka akan menarik dan tak akan hilang. Pagelaran ini juga menyambut peresmian terhadap kelengkapan sarana prasarana FH UP yaitu peresmian ruang Nusantara, sebagai ruang pertemuan yang diresmikan Menlu Retno Lestari Priansari Marsudi,” kata Ade yang juga Dekan Fakultas Hukum Universitas Pancasila ini.

Selain itu juga peresmian Perpustakaan online yang baru diresmikan 31 Okt 2019 yang berisi e-book, e-skripsi, e-tesis, e-disertasi dan e-journal. (HIRA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *