oleh

PPSU Sisir Sampah Disepanjang Trotoar Jalan Pulogebang

Jakarta, TribunAsia.com – PPSU sisir sampah disepanjang trotoar jalan Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur. Dengan perlengkapan alat kebersihan tim orange giring sampah yang berada dibahu jalan. Ketika ditemui Didi Mulyadi menjelaskan, dirinya mendapat tugas shift 2 hingga petang hari.

Untuk lokasi tersebut, dikatakan dia, kegiatan rutin menyisir jalan telah dilalui mulai dari Jalan Warung Nangka sampai sepanjang bilangan Dr. Sumarno yang terdapat didepan Kantor Administrasi Pemerintah Kota Jakarta Timur.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

“Masuk jam 15.30 WIB mulai jam 15.45 WIB udah standby dilapangan tadi masuk shift dua. Lokasi : dari pom bensin warung nangka ke Terminal Pulo Gebang lanjut ke Walikota Jakarta Timur dan jam 6 sore,” kata dia kepada TribunAsia.com, Selasa (29/10/2019).

(Foto : Istimewa)

Namun demikian, sampah dengan berbagai jenis tersebut setelah disapu kemudian ditempatkan kedalam karung yang telah disiapkan. Biasanya, menurut petugas PPSU itu sendiri, bagian sapu jalanan terdiri dari dua orang personil dan kedua orang lainnya bertugas mengangkut sampah.

“Dalam satu tim 6 orang untuk dilapangan 4 orang dan 2 standby diarea kantor jadi pengaduan masyarakat bisa ditampung,” ujar pria beranak tiga.

Perlu diketahui, masing-masing dari mereka dibekali perlengkapan safety mulai dari sepatu boots, masker, sarung tangan dan helm berwarna orange.

Selain itu, diutarakan Eris Erwanto, jika dia betugas pada shift pertama tentunya akan melintas sisi sepanjang BKT termasuk pemukiman warga. Hal itu, dilakukan dia dimulai sejak pagi hari dengan alat angkut gerobak motor roda tiga.

“Nyapu jalan raya dari jalan BKT sampai Gang Timbul dari mulai jam 07.00 sampai 9.30 WIB, penyapuan pagi itu disekitar pemukiman warga sampah diangkut pakai motor roda tiga,” ungkapnya.

(Foto : Istimewa)

Ia menambahkan, saat bertugas pada pagi hari didalam satu tim terdapat 3 orang. Adapun dari tim tersebut terbagi diberbagai sisi jalan untuk memastikan kebersihan lingkungan dibawah Kelurahan Pulo Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

“Kita satu tim bisa tiga orang kanan kiri jalan nyampu satu lagi mungutin sampah dari bekas penyapuan,” tutur dia lagi.

Masih dalam keterangan tim orange, pihaknya juga melayani masalah yang dikeluhkan oleh warga melalui aplikasi online. Dia menyebutkan, aplikasi Qlue yang diposting warga akan segera ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan.

“Saluran air warga sampah-sampah warga. Kendala diwarga kalo banjir lapor kelurahan baru kita yang nanganin. Nanganin Qlue yang dikirim melalui aplikasi handphone,” tandasnya. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *