oleh

Sesuai Ingub Kantor Kecamatan Buka Pelayanan Pengaduan Masyarakat

Jakarta, TribunAsia.com – Sesuai dengan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2019 kantor Kecamatan dan Kelurahan di Jakarta Timur buka pelayanan pengaduan terhadap masyarakat sekitar pada hari Sabtu. Achmad Salahuddin menjelaskan, masyarakat diberikan kesempatan menyampaikan keluhan dibuka mulai pukul 08.00-11.00 WIB dikantor Kecamatan Cakung Jakarta Timur.

“Sesuai dengan instruksi Gubernur (Ingub) No. 31 Tahun 2019 disetiap Kecamatan ada pelayanan pengaduan masyarakat setiap hari Sabtu pukul 08.00-11.00 Wib ,” kata Camat Cakung kepada TribunAsia.com, Senin (21/10/2019).

Namun demikian, dia merincikan permasalahan yang diterima di kantor Kecamatan Cakung selain tentang kependudukan juga menangani permasalahan fasilitas umum lainnya yang berada disekitar lingkungan masyarakat.

“Warga bebas menyampaikan pengaduan berkaitan dengan permasalahan yang ada. Dari semua jenis pelayanan seperti masalah kependudukan, saluran air, jalan, pohon, lampu jalan dan sebagainya dari pengaduan tersebut,” tambah dia.

Masih dalam keterangan Achmad Salahuddin, ditingkat kantor kelurahan serupa membuka pelayanan pengaduan. Untuk di kelurahan dibawah naungan Kecamatan Cakung pelayanan dibuka pada hari Minggu.

Masyarakat pun bisa melakukan pengaduan melalui aplikasi online dan media sosial. Adapun, saat ini kata dia, berbagai kemudahan berbasis teknologi informasi masyarakat dapat mempergunakan aplikasi Qlue melalui smartphone.

“Sekarang pun pelayanan pengaduan itu dibuka juga di kantor kelurahan, setiap hari Minggu yang mekanisme TL pengaduan tersebut sama seperti yang tadi saya sampaikan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, jika pengaduan tersebut telah masuk maka akan ditindak lanjuti sesuai dengan kewenangan ditingkat Kelurahan. Pihaknya, jika permasalah telah difollow up oleh tim dia akan memberikan informasi telah ditangani atau TL pada hari berikutnya.

Lebih lanjut, kata Camat, jika permasalah kewenangan instansi lain tentunya akan dibahas dalam rapat ditingkat kota karena sesuai dengan kebidangan suku dinas secara teknis.

“Kemarin hari minggunya disurvei bila itu menjadi kewenangan Lurah, dan Camat langsung di TL hari Seninnya. Bila itu kewenangan dari Sudin teknis tingkat kota maka akan dibahas dalam rapat di tingkat kota,” tutur dia. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *