oleh

Pelantikan Jokowi-Ma’ruf, Pengunjung Monas Ditolak Masuk

Jakarta, TribunAsia.com – Pengunjung area silang Monas ditolak oleh petugas keamanan gabungan. Penolakan terjadi disekitar pintu masuk yang terletak di depan Gedung Pertamina, Gambir, Jakarta. Penolakan tersebut berkaitan dengan padatnya relawan Presiden Jokowi-Ma’ruf Amin yang baru saja dilantik di Gedung DPR/MPR RI, Senayan Jakarta.

Dikatakan oleh petugas yang tengah berjaga didepan pintu masuk Monas pengunjung umum tidak diperkenankan masuk. Bahkan, pengunjung tak luput dari barang bawaannya diperiksa petugas ditempat itu.

“Yang mau masuk diperiksa dulu,” kata prajurit TNI.

Tidak hanya warga DKI Jakarta saja ditolak masuk untuk menikmati liburan di objek wisata Ibukota itu, bahkan wisatawan mancanegara pun memperoleh perlakuan yang sama oleh petugas keamanan dan bergegas meninggalkan lokasi tersebut.

“Hari ini tidak ada kunjungan,” ujar pria berbatik merah bercorak ondel-ondel, Pamdal Monas.

Namun demikian, mulai pukul 17.00 WIB pintu masuk mulai ditutup dan sejumlah pengunjung tanpa mengenakan kaos berlabel relawan Joko Widodo-Ma’ruf Amin tidak diperbolehkan masuk.

Reza mengeluhkan datang ke Monas tidak bisa masuk dan dia sudah berupaya keberbagai sudut pintu masuk lainnya namun tetap dipersulit untuk kelokasi itu. Dia menjelaskan, petugas yang berpakaian abu-abu celana hitam dan petugas dari TNI menolak dia.

Dia menyayangkan, kedatangannya bersama pasangan untuk menikmati hari libur gagal tanpa penjelasan petugas melarang pengunjung menghampiri Monas.

“Ada sesuatu, dia (petugas) sendiri bilangnya perintah dari atasan yang pake seragam biru celana hitam. Ini pada nunggu diputer-puter semua dipersulit. Nggak dikasih tau alasan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, selain relawan pengunjung lainnya ditolak masuk dan kata warga yang tinggal di Cinere itu hak publik dibatasi oleh petugas.

“Yang boleh masuk orang yang dipilih kader-kader (relawan) aja seolah-olah kita dibatasin,” tutur dia.

Kekecewaan juga dialami pengunjung lainnya, Bima dari Jakarta Selatan hendak mengunjungi Monas tidak terpenuhi karena dilarang masuk. Dia bersama ketiga rekannya sampai di Monas pukul 16.00 WIB akan tetapi hingga malam pukul 18.51 WIB tak kunjung diperbolehkan masuk untuk mengisi jam libur.

“Kesini dari jam 4 sore sampai saat ini nggak boleh masuk, mau liburan saja,” singkat Bima sambil duduk didepan pintu masuk. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *