oleh

Sah ! Jokowi – Ma’ruf Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2019-2024

Jakarta, TribunAsia.com – Hari ini Minggu, tanggal 20 Oktober 2019 perhelatan akbar kenegaraan dilaksanakan yaitu pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR-MPR RI, di Senayan, Jakarta.

Baru saja, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin telah resmi menjabat sebagai presiden dan wakil presiden usai dilantik oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Sebelumnya, Jokowi dan Ma’ruf diambil sumpahnya dengan membaca sumpah sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” kata Jokowi mengucapkan sumpahnya.

Demikian juga sumpah jabat Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” kata Maruf Amin mengucapkan sumpah.

Selanjutnya, rencananya Jokowi akan mengumumkan menteri-mentri nya yang baru akan diumumkan pada hari esok Senin, (21/10). Jokowi menyebut ada sekitar 16 menteri yang berasal dari kalangan partai politik.

“Ya kurang lebih (menteri dari partai politik 16 orang). Saya belum ngitung. Kurang lebih,” kata Jokowi.

Perlu diingat, Jokowi Ma’ruf meraih 85.607.362 suara atau 55,5 persen suara sah. Sementara Prabowo-Sandi meraih 68.650.239 suara atau 45,5 persen. Dengan partai pengusung PDIP, PKB, PPP, Hanura, Golkar, NasDem, PKPI, PSI, Perindo, dan PBB. (YG)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *