oleh

Tiga Cara Mensyukuri Nikmat

Jakarta, TribunAsia.com – Allah menganugerahkan nikmat yang sangat berlimpah kepada manusia, nikmat Allah dinikmati manusia sejak bangun pagi hingga tidur kembali di malam harinya, tidak jarang manusia abai dengan nikmat Allah, merasa nikmat tersebut sebagai hal biasa sehingga lupa disyukuri, secara tingkatan ada tiga cara mensyukuri nikmat Allah, demikian disampaikan Ustadz Furqan saat bertindak sebagai Khatib di mesjid Al Hidayah Kembangan Utara, Jumat (11/10).

“Pertama syukur bisa diekspresikan melalui qalbu,” ucapnya.

Syukur melalui qalbu merupakan ungkapan syukur dengan memperbanyak membersihkan hati dengan zikir, termasuk didalamnya menghilangkan segala bentuk prasangka buruk.

“Selanjutnya ungkapan syukur melalui lisan, dengan lidah atau ucapan,” sambungnya.

Syukur dengan lidah adalah upaya memaksimalkan agar lisan banyak menyampaikan ucapan syukur atas segala nikmat Allah, syukur dengan lisan juga merupakan usaha memastikan lidah melantunkan kalimat bermanfaat yang diridhoi Allah.

“Tahap selanjutnya adalah syukur dengan perbuatan,” katanya.

Manusia mesti memastikan bahwa segala tindakan yang mereka ambil merupakan bentuk ketaatan kepada Allah, tidak seharusnya dengan sengaja melakukan perbuatan dosa karena hal itu tidak mencerminkan rasa syukur atas nikmat yang dilimpahkan Allah kepada manusia. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *