oleh

Inilah Isi Dakwaan Terdakwa Pemilik 31 Paket Daun Ganja di PN Jaktim

Jakarta, TribunAsia.com – Sidang kasus Narkotika dengan terdakwa Irfan Rusfandi alias Bray dan terdakwa Fajar Mulyana alias Fajar digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (10/9/2019). Perlu diketahui, dilaksanakan diruang sidang Purwoto dan duduk selalu JPU Muhammad Ichsan, SH dengan agenda pembacaan Dakwaan.

Namun, informasi tersebut juga terdata di sipp.pn-jaktim.go.id dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa dengan Dakwaan Kesatu memyatakan bahwa Terdakwa I IRFAN RUSFANDI alias BRAY bin DIDI NURYADI bersama-sama dengan Terdakwa II FAJAR MULYANA alias FAJAR bin KASNO dan ACHMAD FAIZAL A.R alias FAIZAL bin SUKASNO (penuntutan terpisah) pada hari Rabu Tanggal 15 Mei 2019 sekitar pukul 15.00 WIB atau setidak-tidaknya pada suatu waktu dalam bulan Mei Tahun 2019, bertempat di Jl. Gelatik Gg. V No. 22 RT. 010/002 Kel. Manggarai Kec. Tebet Jakarta Selatan berdasarkan Pasal 84 ayat (2) KUHAP

“Apabila tempat sebagian besar saksi yang dipanggil lebih dekat pada tempat Pengadilan Negeri itu daripada tempat kedudukan Pengadilan Negeri yang di dalam daerahnya tindak pidana itu dilakukan” maka Pengadilan Negeri Jakarta Timur berwenang memeriksa dan mengadili perkara ini,

“Melakukan permufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana Narkotika secara tanpa hak dan melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar atau menyerahkan Narkotika Golongan I”, Perbuatan mana dilakukan oleh mereka terdakwa dengan cara-cara sebagai berikut :

Perbuatan mereka terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 114 ayat (1) Jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Atau dalam dakwaan kedua bahwa Terdakwa I IRFAN RUSFANDI alias BRAY bin DIDI NURYADI bersama-sama dengan Terdakwa II FAJAR MULYANA alias FAJAR bin KASNO dan ACHMAD FAIZAL A.R alias FAIZAL bin SUKASNO (penuntutan terpisah) pada hari Rabu Tanggal 15 Mei 2019 sekitar pukul 15.00 WIB atau setidak-tidaknya pada suatu waktu dalam bulan Mei Tahun 2019, bertempat di Jl. Gelatik Gg. V No. 22 RT. 010/002 Kel. Manggarai Kec. Tebet Jakarta Selatan.

Berdasarkan Pasal 84 ayat (2) KUHAP ” Apabila tempat sebagian besar saksi yang dipanggil lebih dekat pada tempat Pengadilan Negeri itu daripada tempat kedudukan Pengadilan Negeri yang di dalam daerahnya tindak pidana itu dilakukan” maka Pengadilan Negeri Jakarta Timur berwenang memeriksa dan mengadili perkara ini, “melakukan permufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana Narkotika Secara tanpa hak dan melawan hukum menanam, memelihara, memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I dalam bentuk tanaman”, Perbuatan mana dilakukan oleh terdakwa dengan cara-cara sebagai berikut :

Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 111 ayat (1) Jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Selanjutnya dalam dakwaan Ketiga bahwa Terdakwa Terdakwa I IRFAN RUSFANDI alias BRAY bin DIDI NURYADI bersama-sama dengan Terdakwa II FAJAR MULYANA alias FAJAR bin KASNO pada hari Selasa Tanggal 14 Mei 2019 sekitar pukul 17.00 WIB atau setidak-tidaknya pada suatu waktu dalam bulan Mei Tahun 2019, bertempat di Jl. Gelatik Gg. V No. 22 Rt. 010/002 Kel. Manggarai Kec. Tebet Jakarta Selatan berdasarkan Pasal 84 ayat (2) KUHAP “apabila tempat sebagian besar saksi yang dipanggil lebih dekat pada tempat pengadilan negeri itu daripada tempat kedudukan pengadilan negeri yang di dalam daerahnya tindak pidana itu dilakukan” maka Pengadilan Negeri Jakarta Timur berwenang memeriksa dan mengadili perkara ini “Melakukan penyalahgunaan Narkotika Golongan I bagi diri sendiri”,

Perbuatan mana dilakukan oleh terdakwa dengan cara-cara sebagai berikut :

Perbuatan para terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Adapun barang bukti sebanyak 31 (tiga puluh satu) paket daun ganja terbungkus kertas warna cokelat didalam bungkus plastik besar. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *