oleh

Setelah Aryo, Pemesan Sabu Rudy dan Ramdani Diputus 13 Tahun Penjara

Jakarta, TribunAsia.com – Aryo alias Meme di putus 10 tahun, kini PN Jaktim kembali menjatuhkan putusan 13 tahun dan denda Rp 1 miliar terhadap Rudy Halim dan Ramdani dalam perkara sabu-sabu seberat 202,34 gram.

Rudy Halim serta Ramdani mengendalikan order sabu-sabu dari balik jeruji Lapas Cipinang Jakarta Timur dengan menggunakan kuda atau kurir dari luar. Selasa petang, tim Majelis Hakim PN Jaktim yang dipimpin Khadwanto SH menjatuhi hukuman kepada kedua narapidana tersebut selama 13 tahun.

“Menyatakan terdakwa bersalah melakukan tindakan pidana narkotika menjatuhkan pidana 13 tahun dan denda 1 miliar subsider 4 bulan,” kata Khadwanto dengan didampingi Tirolan Nainggolan SH dan Tarigan Muda Limbong SH, Selasa (3/9/2019).

Namun demikian, setelah putusan dibacakan Majelis Hakim PN Jaktim di Ruang Sidang Subekti, Rudy Halim dan Ramdani diberi kesempatan untuk konsultasi dengan Kuasa Hukum untuk menentukan sikap menerima atau tidak atas putusan tersebut.

“Jadi kamu (Rudy Halim) divonis 13 tahun diringankan dari tuntutan kamu juga Ramdani sama ya. Silahkan konsultasi kepada penasehat hukum,” ujar Majelis Hakim.

Sebelumnya, mereka berdua dituntut 15 tahun penjara oleh penuntut umum yang dihadiri Teguh Hariyanto SH dari Kejaksaan Negeri Jakarta Timur.

Adapun diantara mereka diancam Pasal 114 ayat 2 junto Pasal 132 ayat 1 UU RI No.35 Tentang Narkotika dan dari dakwaan berikutnya, mereka juga dikenakan Pasal 112 ayat 2 junto pasal 132 ayat 1 UU RI No.35 Tentang Narkotika.

Valdano Islami. A, SH selaku Kuasa Hukum mengatakan kliennya dituntut 15 tahun dan divonis 13 tahun dan denda Rp 1 miliar subsider 4 bulan.

“Tuntutan 15 tahun diputus 13 tahun denda 1 miliar kalo nggak dibayar hukuman penggantinya penjara 4 bulan,” terang Valdo.

Dari keterangan persidangan, Rudy Halim dan Ramdani masih menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Cipinang Jakarta Timur. Kini setelah divonis di PN Jaktim maka akan bertambah masa hukumannya mereka berdua.

“Rudy Halim yang sebelumnya keterangannya dia divonis 14 tahun dipengadilan lain. Saat ini divonis 13 tahun. Ramdani sama dijatuhkan hukuman sama 13 tahun, kalau Ramdani sebelumnya divonis 5 tahun dipengadilan lain,” papar dia. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *