oleh

Orang Tua Mesti Berperan di Sekolah

Bogor, TribunAsia.com – Sekolah tidak jarang dipandang sebagai komunitas eksklusif, keberadaannya dinilai terpisah dari lingkungan masyarakat, buntut cara pandang seperti itu menyebabkan masyarakat berpikir tanggung jawab sekolah seolah hanya dibebankan kepada guru, pandangan tersebut mendesak dievaluasi, hal ini disampaikan Yuli, orang tua murid yang anaknya bersekolah di SD Ciluar 2 Kabupaten Bogor.

Dalam pandangan perempuan paruh baya ini, keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran anak di sekolah mutlak dibutuhkan.

“Tidak tepat bila berpikir sekolah itu hanya urusan guru, orang tua perlu ambil bagian didalamnya,” ungkapnya, Kamis (29/8).

Ada berbagai macam cara dimana orangbtua bisa berperan aktif dalam proses anak selama di sekolah.

“Kalau pengalaman saya misalnya, saat terjadi proses rehab sekolah saya biasa datang ke sekolah memantau, kenapa penting karena saya ingin memastikan bangunan tersebut nantinya benar-benar layak untuk anak saya yang sekolah di sana,” jelasnya.

Pada prinsipnya para guru senang bila orang tua terlibat berpartisipasi aktif memastikan keberlangsungan pembelajaran anak di sekolah.

“Guru senang kok, pengalaman saya malah gurunya yang mengajak,” imbuhnya.

Pihaknya berharap para orang tua di sekolah lain juga melakukan hal yang sama dengan apa yang dilakukannya.

“Moga-moga orang tua di sekolah lain juga melakukan hal sama, berpartisipasi aktif di sekolah,” harapnya. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *