oleh

Ruswandi : Kalsel Sangat Cocok Jadi Ibu Kota Indonesia Baru

Depok, TribunAsia.com – Kepala Pusat Studi Adaptasi Perubahan Iklim dan Mitigasi Bencana Universitas Gunadarma Dr. Ir. Ruswandi Tahrir, MSP mengatakan, di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) sangat cocok dijadikan ibu kota baru menggantikan Jakarta seperti program pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Dilaporkan TribunAsia, Kamis (15/8/2019). Disebutkan Ruswandi, pemilihan yang awalnya ditetapkan di Kalimantan yaitu di wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan, Tahrir meyakini Kalsel lebih cocok.

“Kajian ulang perintahkan oleh Presiden Jokowi, kami rasa ini tepat. Mengapa, sebab dari penelitian oleh InaRisk Kalsel lah yang tingkat kerawanan kebencanaan alamnya rendah yaitu, bebas gempa bumi, rendahnya risiko kebakaran hutan, tanah longsor, dan banjir, ujarnya.

Kata Ruswandi, untuk membangun kota baru ini cukup dengan dana Rp100 triliun dengan melibatkan potensi pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, masyarakat kampus, dan swasta.

Saran Tahrir, perlu juga dilakukan sinergi kerjasama semua pihak termasuk ahli arsitektur, sosial, psikologi, dan antropologi. Membangun ibu kota negara harus juga dilakukan International competition for master plan for building terbuka.

“Bidang arsitektur harus melahirkan karya tatakota, tataruang, dan tatabangunan yang fonomenal karya maestro-maestro di bidangnya yang jadi kebanggaan bangsa,” sebutnya.

Terang Ruswandi, mantan pejabat di Bakornas PB (Penanggulangan Bencana) ini, setuju dengan pendapat Kepala KSP Moeldoko yakni, ibukota harus dekat dengan laut Jawa. Dekat laut dapat dibangun pelabuhan laut yang bisa mempermudah pemasukan barang dan kebutuhan ibukota. (HIR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *