oleh

RSUI Siap jadi Rujukan Bertaraf Internasional

Depok, TribunAsia.com – Diusianya yang masih kecambah, Rumah Sakit Universitas Indonesia bertekad dan siap menjadi rujukan Internasional. Dalam usianya yang baru dua tahun dan membawa nama Indonesia RSUI membawa nama dan marwan bangsa.

Terus berbenah kini, RSUI resmi membuka layanan canggih kateterisasi jantung berteknologi tinggi Cath Lab atau Laboratorium dalam bidang Neuro Kardiovaskular untuk umum.

Direktur Utama RSUI Dr dr Julianto Witjaksono, Sp.OG (K) MGO langsung meresmikan peluncuran Layanan Cath Lab pada Selasa (13/8) di Auditorium Lantai 4 kampus UI, Kota Depok, Jawa Barat.

“RSUI dapat sebagai rujukan diagnostik. Cath Lab atau Laboratorium Kateterisasi Jantung ini merupakan layanan tindakan medis diagnostik invasif menggunakan sinar X yang berfungsi untuk mendeteksi penyempitan atau sumbatan pembuluh darah jantung,” sebut Julianto Witjaksono. Selasa (13/8/2019).

Witjaksono meyakini RSUI akan menjadi rumah sakit bertaraf antarbangsa. Mendunia, sehingga pasien dari luar negeri akan berdatangan untuk dirawat di sini. Sehingga, pasien orang Indonesia sendiri lebih memilih jalani perawatan RSUI yang selevel dengan National University of Singapura dan RS milik universitas dunia lainnya.

“Kita punya tekan ke RSUI akan datang orang-orang dari luar negeri untuk dirawat di sini,” imbuhnya.

 

RSUI vis a vis Marwah Bangsa

Mengakui keunggulan bangsa sendiri adalah wujud menegakkan marwah bangsa. Jangan sampai lebih merasa nyaman dan yakin kepada bangsa lain daripada bangsa sendiri. Bagaimana bisa, orang kaya, tokoh politik, tokoh masyarakat, ataupun mantan pejabat tinggi negara lebih yakin berobat di luar negeri dibandingkan di dalam negeri.

Senada,  Manajer Pelayanan Unggulan RSUI dokter Rakhmad Hidayat, Sp. S (K) mengatakan, “Tindakan kateter jantung dilakukan oleh dokter spesialis jantung RSUI yang telah berpengalaman, sehingga deteksi jantung koroner dapat dilakukan dengan tingkat keakuratan yang tinggi,” tegasnya.

Selain melihat kasus penyakit jantung dan pembuluh darah, Cath Lab juga digunakan dalam penanganan kasus penyakit saraf seperti stroke maupun kasus radiologi dan onkologi. Berbagai keunggulan Cath Lab RSUI ini, dapat mendukung para dokter spesialis jantung untuk mengetahui jenis tindakan yang sesuai bagi pasien baik, berupa tindakan pemasangan ring jantung, intervensi dengan balon atau tindakan operasi bypass.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RSUI, dokter Dian Zamroni, Sp.JP (K), menambahkan, diluncurkannya layanan Cath Lab, RSUI tentu mengoptimalkan pelayanan terbaik bagi pasien-pasien dengan kasus jantung.

“Selain itu, RSUI juga akan turut berperan serta dalam menekan angka kematian akibat penyakit jantung koroner yang menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia maupun di dunia,” tegas Dian.

RSUI siap menjadi rumah sakit layanan rujukan bagi jejaring fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) bagi rumah sakit lainnya di area Kota Depok dan sekitarnya untuk berbagai kasus, terutama yang berkaitan dengan neuro kardiovaskular.

 

Keunggulan Cath Lab RSUI 

Di bidang jantung dan pembuluh darah pertama, menggunakan sistem Clarity IQ yang merupakan versi tercanggih yang dapat menghasilkan image quality terbaik dengan menggunakan dosis radiasi paling rendah, sehingga aman bagi pasien. Dan kedua, menampilkan hasil  gambaran tiga dimensi pembuluh darah pada jantung dan dilengkapi fitur Expert Swing yang mampu memperlihatkan posisi jantung dan pembuluh darah dari berbagai arah secara detail. Fitur ini Dapat meminimalisir penggunaan kontras dan dosis radiasi, sehingga lebih nyaman bagi pasien.

Sedangkan di bidang serebral pertama, memiliki dua detektor (biplane) dengan ukuran 15 inchi sehingga akuisisi gambar secara bersamaan pada daerah kepala dapat dilakukan dengan sangat baik karena tidak terhalang bahu pasien sehingga waktu pengerjaan tindakan dan dosis radiasi dapat diminimalisir sehingga lebih aman bagi pasien.

Keunggulan kedua yaitu, dapat digunakan untuk menilai berhasil atau tidaknya tindakan terapi coiling pada pasien dengan aneurisma. Fitur Aneurysm Flow mampu menampilkan aliran darah sebelum dan sesudah coiling. Sedangkan keunggulan ketiga adalah selain dilengkapi dengan fitur VasoCT yang memungkinkan untuk menampilkan gambar menyerupai CT-Scan di Cath Lab, terdapat juga fitur MR/ CT Roadmap yang dapat memperlihatkan gambaran pembuluh darah dari CT/MRI sebelumnya.

Kelebihan lain yakni di bidang onkologi, memiliki fitur Xperiaguide dam Emboguide yang dapat memudahkan penggunaan jarum biopsi serta menunjukkan gambaran feeding vessel pada tumor yang sangat bermanfaat pada terapi metode TransArterial Chemoembolization (TACE).

Sebagai rangkaian launching Cath Lab, RSUI mengadakan kegiatan Skrining Risiko Penyakit Jantung Koroner dengan menggunakan Skor Kardiovaskular Jakarta bagi masyarakat umum secara gratis. Masyarakat yang berminat dapat datang langsung ke booth Periksa Sehat RSUI pada hari Selasa – Jumat, tanggal 13 – 16 Agustus 2019, pukul 9.00 WIB – 12.00 WIB, di Lantai Dasar Gedung Rumah Sakit Universitas Indonesia, Kampus UI Depok. (HR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *