oleh

Ditemukan Cacing Hati di Hewan Qurban di Kota Depok

Depok, TribunAsia.com – Ditemukan banyak kasus terdapat cacing hati pada sejumlah hewan qurban di Kota Depok. Di Hari Raya Iduladha 1440 Hijriah selama tiga hari mulai 11-13 Agustus 2019, ribuan hewan qurban disembelih dan dibagikan kepada warga.

Dilaporkan TribunAsia.com, Senin (12/8) berkaitan kesehatan hewan petugas Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kota Depok, di sejumlah lokasi menemukan hewan terpapar parasit cacing hati.

Dokter Hewan Dede Zuraida. (Foto : Istimewa)

Menjawab pertanyaan aparat DPPKP Kota Depok, Dokter Hewan Dede Zuraida, mengatakan, organ hewan, hati dan jantung yang terjangkiti menjadi tidak layak konsumsi.

“Jika cacing hatinya banyak dan parah, maka organ dalam hewan akan rusak sehingga tidak layak konsumsi. Tidak sehat,” sebut Dede.

Bagian organ hewan yang terjangkit ini bila sangat parah tidak baik untuk dikonsumsi.

“Jika tidak parah masih bisa dikonsumsi asalkan dibersihkan dengan sempurna. Berbeda dengan penyakit anthrax yang hewan tidak bisa dikonsumsi sama,” jelasnya.

Dede juga mengingatkan warga mengonsumsi dengan cara memasak matang dan tidak untuk jadi menu sate lantaran pembakarannya yang masaknya kurang sempurna.

Terjangkitnya parasit ini bersumber dari bahan makanan hewan semasa di peternakan atau ketika di lapak penjualan Hewan Qurban. Hewan ini idealnya diberikan obat pembasmi cacing selama per tiga bulan. (HIR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *