oleh

KPK Jemput Nyoman Dhamantra, Ketua DPR Harap KPK Tetap Kedepankan Asas Praduga Tak Bersalah

Jakarta, TribunAsia.com – Komisi Pemberantasan Korupsi baru saja menjemput legislator PDIP Nyoman Dhamantra, ia memasuki Kantor KPK sekitar Pukul 14.30 WIB, Nyoman Dhamantra dijemput KPK terkait penangkapan terhadap asistennya dalam dugaan suap impor bawang putih, menanggapi hal tersebut Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan agar KPK tetap menjunjung asas praduga tak bersalah dalam menjalankan tugas.

“Mendorong KPK dalam melaksanakan tugasnya harus memperhatikan asas praduga tak bersalah (presumption of innocence) dan kesamaan hak di mata hukum (equality before the law) agar tidak terjadi trial by press,  atau peradilan dengan penggunaan media yang bersifat publikasi massa untuk menggiring opini publik” jelasnya di Jakarta, Kamis (8/8).

Kejaksaan Negeri Jakarta Timur - ZONA INTEGRITAS (Wilayah Bebas Korupsi)

Pihaknya juga menegaskan bahwa DPR tetap berkomitmen mendukung penuh kerja KPK dalam konteks pemberantasan korupsi.

“Menyampaikan bahwa DPR tetap berkomitmen dan mendukung terhadap pelaksanaan tugas KPK dalam memberantas tindak pidana korupsi” sambungnya.

Dalam penilaian Bamsoet, Anggita DPR yang terlibat korupsi merupakan bagian dari tindakan perorangan, bukan aksi institusi.

“Jika ada anggota DPR yang terkait dalam OTT tersebut, dipastikan bahwa hal tersebut merupakan tindakan perorangan dan bukan tindakan lembaga DPR RI” tutupnya. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *