oleh

Paska Gempa di Pandeglang, Pariwisata di Kepulauan Seribu Berjalan Normal

Jakarta, TribunAsia.com – Gempa yang terjadi di Pandeglang, Banten Jawa Barat pada Jum’at malam (2/8/2019), dijelaskan Bupati Kepulauan Seribu tidak berdampak pada sisi Pariwisata.

Menurut Husein Murad, jumlah pengunjung objek wisata disekitar Kupulauan Seribu dinilai stabil dan kondusif. Ketika guncangan gempa terjadi, wisatawan yang berada dilokasi wisata permainan air tersebut diterangkan dia tidak merasa panik.

Kejaksaan Negeri Jakarta Timur - ZONA INTEGRITAS (Wilayah Bebas Korupsi)

“Tidak menurun. Tidak panik, pengunjung masih ramai,” singkat Bupati kepada TribunAsia.com, Selasa (6/8/2019).

Kendati demikian, Husein Murad menghimbau kepada para pengunjung ataupun wisatawan untuk bersikap tenang. Namun, dia kembali berharap kepada wisatawan yang berada di lingkungan Kepulauan Seribu untuk menjaga kebersihan.

Kondisi di kepulauan seribu masih banyak wisatawan yang berkunjung. (Foto : Istimewa)

“Wisatawan tidak perlu khawatir. Yang penting mari kita jaga kebersihan bersama. Pulau Seribu Pulau kita semua,” tandasnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya gempa yang mengguncang dengan magnitudo 7,4 pada Jum’at (2/8/2019) pukul 19.03.21 WIB. Pusat gempa berada di darat, 147 kilometer barat daya Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten. Lokasi gempa berada di 7,54 Lintang Selatan, 104,58 Bujur Timur dengan kedalaman 13 kilometer.

Disamping itu, status ‘Siaga’ membicarakan masyarakat di wilayah yang diminta untuk memperhatikan dan segera melakukan evakuasi. Sementara status ‘Waspada,’ masyarakat yang direkomendasikan untuk dikunjungi dan segera dihapus pantai dan tepian sungai.

Pusdalops BNPB merekam gempa terasa kuat di Kabupaten Pandeglang selama 5-10 detik. Masyarakat lolos panik dan keluar rumah. Kabupaten ini menghabiskan 85 km dari sumber gempa. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten / Kota di sekitarnya. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *