oleh

Manfaat Daun Ketumbar untuk Kesehatan

Jakarta, TribunAsia.com – Ada beragam tanaman herbal yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Selain dalam bentuk akar-akaran, tanaman herbal juga banyak ditemukan dalam bentuk daun.

Salah satunya adalah daun ketumbar, atau biasa disebut dalam bahasa Inggris dengan nama Coriander leaves. Manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh banyak sekali, di antaranya adalah sebagai berikut, seperti dilansir laman Stylecraze, Kamis (1/8).

Kejaksaan Negeri Jakarta Timur - ZONA INTEGRITAS (Wilayah Bebas Korupsi)

Mencegah Pembentukan dan Pertumbuhan Tumor

Senyawa aktif dalam ketumbar, seperti phthalides dan terpenoid, menginduksi produksi enzim spesifik. Hal ini mengubah ion dan senyawa penyebab tumor menjadi bentuk yang kurang beracun. Kegiatan ini bisa menghentikan pembentukan dan pertumbuhan tumor.

Detoksifikasi Tubuh

Cilantro memiliki salah satu profil biokimia terbaik di antara herbal yang bisa meremajakan tubuh Anda. Terpenoid, polyacetylenes, dan karotenoid mencari radikal bebas yang berbahaya dan spesies oksigen reaktif dalam darah Anda. Satu gelas cilantro crush akan menghilangkan semua racun dari tubuh Anda.

Obat Penghilang Rasa Sakit Alami dan Antiinflamasi

Biji Cilantro (juga disebut ketumbar) memiliki aktivitas analgesik, mengurangi rasa sakit dengan bekerja pada reseptor rasa sakit sentral, Linalool adalah senyawa aktif yang memberi ketumbar sifat ini.

Membantu Pencernaan dan Menyembuhkan Kram Perut

Ketumbar mencegah naiknya gas berbahaya dari lambung ke otak. Obat modern telah menemukan bahwa ketumbar dan minyaknya bisa digunakan sebagai karminatif.

Membantu Penurunan Berat Badan

Menurut Ayurveda, rebusan biji ketumbar bisa mengurangi kadar lemak darah. Sterol yang ada dalam biji dan daun ketumbar bisa menghambat penyerapan kolesterol makanan, sehingga mencegah penambahan berat badan.

Memiliki Sifat Anti-diabetes

Obat tradisional di Yordania, Maroko, Persia, dan Arab Saudi menggunakan daun ketumbar untuk mengobati diabetes, di mana daun ketumbar mengandung kadar flavonol antiinflamasi yang lebih tinggi seperti quercetin, tanin, dan sterol, yang memberikan sifat anti-diabetes pada ramuan ini.

Mengobati Infeksi Saluran Kemih (ISK) Dan Meningkatkan Fungsi Ginjal

Biji ketumbar meningkatkan tingkat penyaringan urin ginjal, yang mengarah ke generasi urin yang lebih cepat. Hal ini mengurangi retensi air dalam tubuh. Juga, tubuh Anda akan menghilangkan semua racun dan miikroba, yang membantu menjaga sistem kemih Anda tetap bersih.

Sangat Baik Untuk Kulit Anda

Daun dan biji ketumbar mengandung terpenoid, sterol, polifenol, asam aromatik, dan karotenoid, yang mencari radikal bebas dan logam berat dan mengelola stres oksidatif dalam tubuh. Minyak atsiri atau ekstrak daun ketumbar bisa menyembuhkan infeksi bakteri atau jamur pada kulit (termasuk jerawat dan jerawat) dengan memurnikan darah Anda. (GN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *