oleh

MUI Terima Kunjungan Taliban, Usul Dibentuk MUI Afghanistan

Jakarta, TribunAsia.com – Delegasi Taliban berkunjung ke Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar.

Kehadiran perwakilan Taliban disambut oleh Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri MUI Muhyiddin Junaidi dan beberapa petinggi MUI lain, di antaranya Prof. Yunahar Ilyas dan Zainut Tuhid Saadi.

“MUI sangat menyambut baik rencana Amerika untuk hengkang dari Afghanistan dalam waktu dekat ini. Taliban saat ini sudah kuasai 70% dari wilayah Afghan, sisa 30% itu non Taliban,” kata Muhyiddin.

Dalam pertemuan tersebut, lanjut Muhyiddin, MUI memberikan beberapa usulan agar tidak terjadi lagi peperangan di Afghanistan. Diantaranya, membentuk komite rekonsiliasi demi perdamaian dan kebaikan.

“Kami juga sarankan adanya pembentukan MUI Afghanistan, seperti di Indonesia, dimana terdiri anggota pimpinan ormas dan lembaga keislaman di seluruh Afghanistan,” imbuhnya.

Muhyiddin berharap, Afghanistan menjadi lebih stabil, maju dan tidak bergejolak kembali. Ia mengungkapkan, dalam pertemuan tersebut pihak Taliban juga akan memprioritaskan kerjasama dengan Indonesia usai merdeka nanti.

“Mereka bilang kami sudah lelah perang, kami tidak akan perang dengan saudara saudara kami. Kami dulu siswa mahasiswa tinggalkan kuliah sekolah sampai umur sekarang kami masih berjuang,” tutur Muhyiddin. (YH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *