oleh

DP3SN Mengajak Masyarakat dan Komunitas Mengurangi Sampah Plastik

Jakarta, TribunAsia.com – Anggota Dewan Pengarah dan Pertimbangan Pengolahan Sampah Nasional (DP3SN) mengajak berbagai elemen untuk mengurangi sampah plastik.

Disela-sela peringatan hari sungai nasional, Chandra Hutasoit menyerukan untuk melakukan upaya pelestarian lingkungan dengan bahan dasar yang mudah terurai.

“Mengajak semua pegiat lingkungan hidup dan masyarakat untuk mengurangi penggunaan sampah plastik,” jelasnya kepada TribunAsia.com, Selasa (30/7/2019).

Ia menambahkan, untuk menekan sampah plastik, kata Chandra yang mudah terurai dia menjelaskan agar masyarakat beralih ke bahan dasar kantong plastik yang bersumber dari tanaman. Hal tersebut disampaikan, kantong plastik yang dimaksud dia diolah dari bahan dasar ubi kayu yang alami dan ramah terhadap lingkungan.

“Kalaupun harus menggunakan plastik supaya menggunakan plastik ramah lingkungan yang mudah terurai yang bahannya terbuat dari tumbuhan seperti singkong dan lain-lain,” tandasnya di Padepokan Ciliwung Condet, Jakarta Timur.

Namun demikian, anggota DP3SN menyarankan kantong plastik yang bersumber dari tanaman tersebut dapat dilakukan dan dimulai dari lingkungan keluarga terkecil demi menjaga kebersihan lingkungan.

“Gerakan ini kita harus mulai dari keluarga dan komunitas kita. Dengan demikian kita membantu menyelamatkan bumi kita,” ungkapnya dia.

Sekedar informasi, dalam rembug tersebut melibatkan berbagai elemen yakni, Komunitas Ciliwung, Jarak Saling, P3I, IPP, Yayasan Param, Komite Advokasi Penyandang Disabilitas Indonesia (KADI), dan KLHK. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *