oleh

Pendidikan Literasi dan UU ITE Perlu Evaluasi Secara Menerus

Jakarta, TribunAsia.com – Anggota Komisi III DPR-RI mengatakan, pentingnya pendidikan literasi kepada masyarakat. Menurut Abdul Kadir Karding, dengan literasi masyarakat dapat menyampaikan fakta dan informasi yang benar dalam mempergunakan sosial media (sosmed).

“Yang pertama harus ada pendidikan literasi yang begitu. Agar apa terbangun kesadaran untuk untuk menyampaikan fakta dan informasi yang betul,” jelas dia kepada TribunAsia.com di Jakarta Pusat, (25/7/2019).

Kejaksaan Negeri Jakarta Timur - ZONA INTEGRITAS (Wilayah Bebas Korupsi)

Namun, kata dia bukan hanya pengguna sosial media saja yang dikenakan hukuman UU ITE, akan tetapi perusahaan atau platform pun harus diberi sanksi.

Terlebih, ketika pengguna sosmed memposting berita-berita tidak benar (hoaks) yang menjadi subjek hukum. Karena, dipaparkan dia platform memiliki keuntungan dengan banyak follower.

“Saya setuju apa yang disampaikan oleh teman-teman pembicara, harusnya yang menjadi subjek hukum itu justru perusahaan atau platform. Yang ada (dihukum) tentu saja yang membuat,” ujar Politisi PKB.

Ia menambahkan, rencana kedepan perlu adanya diskusi terkait khusus UU ITE. Kemudian, diskusi tersebut akan mendalami baik manfaatnya ataupun mudharatnya.

Mengenai hal itu, dia menuturkan perusahaan (platform) harus bertanggung jawab. Lanjutnya, platform harus mampu mendidik masyarakat tentang penggunaan sosmed dan bila terbukti hoaks diberi sangksi hukum.

“Pembuat undang-undang ite ini perlu didiskusikan madharatnya seperti apa manfaatnya seperti apa. Saya kira kita jadi kita harus mendiskusikan terus, dan kita evaluasi terus,” ungkapnya.

“Karena aturannya tidak ada, misalnya tanggung jawab platform untuk mendidik masyarakat. Kalau ada yang terbukti hoaks ada sanksi hukum, jadi jangan si pembuat yang kena tapi justru yang mendapat keterkenalan dari dari follower banyak itu (platform) mereka seperti Facebook YouTube,” sambungnya. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *