oleh

Atraksi Silat Jadi Tontonan Favorit Lebaran Betawi

Jakarta, TribunAsia.com – Sebagai penduduk asli Jakarta, masyarakat Betawi memiliki hubungan erat dengan silat, tradisi silat bahkan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan suku Betawi, di hari Lebaran Betawi silat dipertontonkan dengan gagah di atas panggung, bisa disebut atraksi silat menjadi tontonan favorit pengunjung.

Stand penonton yang tersedia depan panggung penuh, bahkan banyak penonton tidak kebagian tempat, walaupun demikian mereka tetap setia berpanas-panasan demi menyaksikan atraksi silat.

Pelatih silat dari perguruan Si Pitung Rawabelong, Bang Udin, menjelaskan atraksi silat sebagai salah satu yang sangat diminati pengunjung.

“Ramai, banyak penontonnya, noh liat sendiri” imbuhnya, Sabtu (20/7).

Atraksi silat yang ditampilkan berasal dari perguruan yang berbeda-beda, setiap perguruan tampil bergantian dengan durasi tertentu.

“Tampil gantian, ada banyak perguruan” ucapnya kepada TribunAsia.com.

Silat Betawi merupakan tradisi Nusantara yang wajib dijaga dan dilestarikan, di tengah hiruk pikuk dunia modern perlu upaya lebih serius dalam melindungi tradisi Nusantara agar tidak lapuk ditelan zaman.

“Silat tradisi Nusantara, saya memilih jalan ini (pelatih silat Betawi) karena punya niat kuat menjaga budaya Nusantara” terangnya.

Berdasarkan pantauan, penonton atraksi silat bukan hanya warga lokal Jakarta, wisatawan asing nampak ramai berdiri depan panggung, sesekali mereka terlihat bertanya kepada penonton lainnya. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *